Jangan biarkan ego Anda menahan kesuksesan Anda

Jangan biarkan ego Anda menahan kesuksesan Anda

Apa yang terjadi ketika pemilik bisnis dibutakan oleh kesuksesan mereka di masa lalu dan tidak bisa melihat ego mereka? Mereka akan dikalahkan oleh seorang ahli strategi yang akan membawa mereka ke tingkat berikutnya dan meninggalkan Anda ditempat Anda berada saat ini.

Pemilik bisnis yang buruk, merasionalisasi kesuksesan masa lalu sebagai pembenaran atas kepuasan mereka saat ini. Sayangnya, perencanaan yang kurang proaktif seringkali menghantui mereka kembali. Kepuasan diri ini akan berjalan melalui psikologi pemilik bisnis tersebut, dan mempengaruhi setiap keputusan yang mereka buat. Pemilik bisnis yang sukses tidak pernah beristirahat atas kemenangan mereka. Tetapi, mereka justru malah memperhatikan setiap kompetitor, mengejar inovasi dan mencari bantuan ketika mereka membutuhkannya.

Branding yang buruk dan desain logo yang tidak bagus merupakan salah satu contoh masalah yang akan mempengaruhi bisnis. Banyak sekali bisnis kecil yang masih meremehkan efek branding yang mereka lakukan pada bisnis mereka.

Pada beberapa kasus, pemilik bisnis ini seringkali menghindari atau takut akan perubahan. Mereka berpikir: untuk apa saya memperbaiki sesuatu yang tidak rusak? Mereka khawatir bahwa dengan menemukan kembali identitas brand mereka dapat membuat pelanggan bingung dan menimbulkan efek negatif pada bisnis mereka. Mereka ragu untuk mengadopsi teknologi baru karena mereka tidak memahaminya atau tidak mengetahuinya. Mereka menghabiskan banyak uang untuk memasang iklan di  Yellow Pages karena mereka berpikir bahwa “hal ini pernah berhasil dahulu”. Hasilnya, mereka lebih memilih berada pada status quo daripada mencoba ide yang ditawarkan dari seorang profesional berpengalaman dan seorang mentor bisnis.

Terkadang, pemilik bisnis yang buruk ini bersikap defensif. Mereka tidak mau mereview kembali umpan balik dari pelanggan dan nasihat dari karyawan mereka sebagai sesuatu yang bermanfaat, mereka sangat mudah tersinggung dan tetap bertahan dengan pendirian mereka dan melakukan cara yang mereka anggap benar tanpa mempedulikan nasihat orang lain. Sebaliknya, pemilik bisnis yang sukses sangat menghargai umpan balik negatif dan memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu hal yang harus diperbaiki di masa yang akan datang.

Mendapatkan nasihat dari seorang profesional yang berada diluar dari keahlian Anda bukanlah sebuah tanda kelemahan, melainkan kekuatan. Karena menjalankan sebuah bisnis kecil, seringkali memaksa seorang pemilik bisnis untuk berperan dalam banyak hal, dan bagaimana mungkin seseorang dapat menjadi seorang ahli untuk segala hal tersebut? Sayang sekali, ego dari pemilik bisnis yang buruk membuat mereka tidak dapat memahami hal tersebut.

Membuat bisnis Anda maju bukanlah dengan mengelilingi diri Anda dengan tim yang mengatakan apa yang ingin Anda dengar dan memanjakan ego Anda. Bagi pemilik bisnis yang buruk, kebenaran terasa sangat menyakitkan untuk diakui. Sangat mudah bagi mereka untuk mengabaikannya atau menghindarinya. David Ogilvy pernah mengatakan, “Rekrutlah orang yang lebih pandai dari Anda, kemudian biarkan mereka mengerjakannya.” Saya dapat memastikan kepada Anda bahwa konsultan kami dapat bekerja dengan kemampuan terbaik mereka ketika bekerja bersama dengan klien yang cukup mempercayai kami untuk melakukan pekerjaan kami.

Jangan dibutakan oleh kesuksesan Anda sendiri atau ego Anda. Jangan takut untuk meminta nasihat dari para ahli, dan lihatlah bisnis Anda akan berkembang dengan jauh lebih baik daripada yang pernah Anda bayangkan. Atau pilih status quo dan lihat para pemilik bisnis sukses, mengelilingi diri mereka dengan tim yang luar biasa dan lambat laun mereka akan mengambil pasar Anda.


Ditayangkan sebelumnya dari situs kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait