Kabardewata.com

Entrepreneur

3 Langkah Sukses Menjadi Freelance

Kategori Entrepreneur, January 04, 2016, Dilihat sebanyak 158 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Menyambut tahun baru 2016, sebagian dari Anda yang bekerja di kota besar pasti memiliki sebuah resolusi baru. Seperti tempat kerja baru, pekerjaan baru, penghasilan baru, atau bahkan keluar dari pekerjaan lama dan melakukan apa yang disukai.

Banyak orang mulai melirik pekerjaan lepas atau freelance sebagai sumber penghasilan. Namun, tak sedikit pula orang yang ragu untuk mengambil keputusan tersebut karena banyaknya pertimbangan.

Seperti dilansir dari Elitedaily.com pada Rabu (30/12), kami merangkum 3 cara sukses untuk seseorang yang tadinya ragu "melompat" untuk menjadi freelanceyang sukses.

1. Jalin relasi yang baik dengan klien dan mulai memasarkan diri sendiri. 

Salah satu unsur penting untuk membangun bisnis Anda adalah dengan menjaga hubungan dengan klien dan membuat mereka puas. Keberadaan klien membuat bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Segala bentuk opini klien akan berpengaruh pada keputusan mereka merekomendasikan bisnis Anda pada teman-temannya atau tidak. Anggaplah klien selalu benar, walaupun Anda mengetahui mereka tidak sepernuhnya benar.

2. Mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan 

Jika Anda berpikir untuk mencoba karir dalam dunia freelance, cobalah berkecimpung di dalamnya terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk keluar dari pekerjaan yang sekarang Anda lakukan.

Pastikan diri sendiri bahwa transisi menuju pekerjaan tersebut memang benar-benar Anda sukai. Jika langsung melepas pekerjaan tanpa tahu pasti langkah selanjutnya, penyesalan bisa datang kapan saja.

Biarkan kegiatan freelance yang Anda pilih tumpah tindih dengan apa yang dikerjakan sekarang, ketimbang terburu-buru untuk keluar dari pekerjaan lama. Justru dengan itu Anda bisa sambil berlatih membagi fokus dan berlatih mengatur keuangan dengan baik.

3. Keuntungan kecil adalah awal dari rejeki melimpah 

Saat Anda memulai bisnis ketika masih melakukan pekerjaan utama, jangan terburu-buru untuk meraih untung yang besar. Pekerjaan lepas yang Anda lakukan tersebut mungkin tidak serta merta menghasilkan keuntungan, tetapi memiliki manfaat untuk membayar tagihan lainnya.

"Perlahan tapi pasti", ungkapan tersebut mungkin tepat menggambarkan tahapan ini karena keuntungan kecil tersebut merupakan awal dari keyakinan Anda untuk menekuni pekerjaan tersebut atau tidak.

Ketika ragu untuk menekuni freelance Anda, bersabar dan pikirkan lagi keputusan untuk keluar dari pekerjaan lama sambil menjalankan pekerjaan sampingan tersebut.


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image