ITLS 2024 Usung Enhancing Sustainable Tourism to Regenerative Tourism

ITLS 2024 Usung Enhancing Sustainable Tourism to Regenerative Tourism

IHGMA kembali menggelar Internasional Tourism Leaders Summit (ITLS) 2024, yang akan di selenggarakan pada tanggal 11 - 13 September 2024 di Prama Sanur Beach Hotel Bali. Leaders Summit kali ini mengusung tema "Enhancing Sustainable Tourism to Regenerative Tourism"dalam merespon tantangan pariwisata dunia dalam mengurangi dampak negatif sekaligus menciptakan dampak positif yang berfokus pada restorasi dan pemulihan ungkap I Made Angga Adiguna selaku Ketua Panitia ITLS 2024. 

Angga menambahkan bahwa ITLS 2024 akan menghadirkan agenda komprehensif yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi para pemimpin perhotelan. Summit berlangsung selama tiga hari yang mencakup kegiatan seperti; lokakarya, kompetisi debat, dan diskusi yang dipimpin oleh para ahli yang berfokus pada keberlanjutan, kepemimpinan, dan inovasi di sektor pariwisata. Adapun Jumlah peserta yang telah terdaftar mengikuti acara workshop pada tanggal 11,12 dan 13 September 2024 adalah total 800 peserta.

Acara ITLS 2024 rencanakan akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan Leaders Talk tentang Regenerative Tourism, Kompetisi Debat, GM Enhancement Programs dan ditutup dengan Gala Dinner dalam rangkaian penyerahan Penghargaan ITLS Awards 2024 - Circle Excellence of IHGMA Bali ungkap Milka Sitorus selaku Ketua Bidang Humas IHGMA Bali.

Dr. Yoga Iswara, Ketua DPD IHGMA Bali memaparkan bahwa praktek berkelanjutan di Bali semakin popular dan meningkat sebagai upaya mewujudkan Bali menjadi destinasi pariwisata dunia yang bertanggung jawab. Ketergantungan Bali terhadap sektor pariwisata mencapai 60% yang menyebabkan Bali harus memiliki strategi ampuh untuk dapat mengelola pariwisatanya secara berkelanjutan.

 Sustainability sujatinya sebuah perjalanan sekaligus ruang untuk melakukan kontemplasi, koreksi dan kohesi dengan tidak menjadikan aspek ekonomi sebagai the ultimate goal, namun juga menyeimbangkan serta mengharmonisasikan aspek lingkungan dan sosial untuk memastikan kita bisa memenuhi kebutuhan saat ini tanpa harus mengorbankan kepentingan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya. 

Pelaku pariwisata seyogyanya tidak berhenti pada konsep sustainability yang berfokus pada mengurangi dampak negatif, namun lebih juga memikirkan bagaimana menciptakan dampak positif yang berfokus pada restorasi dan pemulihan melalui konsep regenerative tourism.

Komang Artana Ketua Harian I IHGMA DPD Bali menambahkan bahwa tujuan dari ITLS 2024 ini adalah 1) Memperkokoh pimpinan hotel dalam keilmuan dan keterampilan pada era multi disrupsi, 2) Memperkuat keterlibatan kaum intelektual dalam menciptakan pemikiran kritis dan komunikasi efektif melalui kompetisi debat, 3) Memperkuat pengimplementasian konsep berkeberlanjutan dan regenerative tourism serta 4) Mengapresiasi tokoh tokoh yang telah memberikan inspirasi dan kontribusi nyata dalam mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan. 

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait