Untuk mendapatkan pekerjaan lakukan sesuatu yang berbeda

Untuk mendapatkan pekerjaan lakukan sesuatu yang berbeda

Dalam dunia digital saat ini, untuk mendapatkan pekerjaan akan menjadi lebih kompetitif daripada sebelumnya sehingga akan untuk mendapatkan pekerjaan impian akan menjadi lebih sulit. Menawarkan resume standar dan menulis surat lamaran pengantar mungkin akan membawa Anda untuk mendapatkan pekerjaan, namun bukan pekerjaan impian Anda.

Anda tahu mengapa? Jawabannya adalah karena Anda melakukan hal yang sama persis dengan yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Untuk mendapatkan pekerjaan, Anda harus mampu memindahkan CV Anda ke bagian paling atas tumpukan CV dan untuk melakukan hal itu, maka Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda. Berbeda dari kebanyakan orang.

Apa yang akan Anda lakukan dapat bervariasi, sesuai dengan bidang industri yang Anda pilih. Jika Anda melamar pekerjaan di industri keuangan, misalnya, Anda mungkin dapat mengikuti prosedur standar yang memang sudah berlaku sejak dahulu. Namun, jika Anda melamar pekerjaan di sebagian besar industri lainnya, maka Anda tidak boleh kaku. Anda harus fleksibel. Dan yang paling penting lagi adalah Anda harus terlihat menonjol dibandingkan kandidat lainnya.

Berikut ini adalah empat cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu manajer HRD merekrut Anda lebih cepat.

1. Ciptakan Sesuatu

Penelope Trunk mengatakan alih-alih menulis resume, Anda harus memulai sebuah perusahaan. Dari sana Anda akan dapat memulai atau menciptakan sesuatu.

Ciptakan sesuatu, entah apakah itu sebuah perusahaan, blog, bisnis fashion atau toko Etsy. Tunjukkan bahwa Anda merupakan seorang starter dan go-getter. Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki dan mampu melakukan sesuatu. Ini juga membuktikan bahwa Anda kreatif dan tahu bagaimana untuk menindaklanjuti sesuatu.

Memulai sesuatu juga bisa menjadi kunci Anda untuk menutup kesenjangan pengetahuan atau kurangnya pengalaman. Siapa yang peduli jika Anda tidak memiliki dua tahun pengalaman bekerja, namun memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
 

2. Menulis Surat Lamaran yang Menarik

Daripada memperkenalkan diri pada paragraf pertama, akan lebih baik jika Anda berbagi anekdot yang menyampaikan hal – hal yang ingin dilihat oleh calon atasan Anda tentang diri Anda dan ceritakan beberapa hal tentang bagaimana Anda berhasil melakukan sesuatu yang orang lain katakan tidak bisa lakukan.

Menulis sebuah surat lamaran yang eye-catching jauh lebih sulit dibandingkan menulis satu CV yang membosankan, manajer HRD telah membaca jutaan jenis surat lamaran kerja dan untuk menarik perhatian mereka tentu tidak mudah, jika mudah, semua orang pasti akan melakukannya. Tetapi, dengan memberikan kepada mereka sesuatu yang “lebih” maka itu akan membantu Anda untuk melompati pesaing Anda dan menempatkan diri Anda di depan mereka.

3. Dekati Employer Impian Anda

Jika Anda dapat mendekati employer dan menunjukkan bahwa Anda dapat membantu mereka untuk mencapai tujuan mereka, maka Anda tidak hanya akan melompati pesaing – pesaing Anda, namun Anda juga telah meyakinkan employer bahwa mereka telah mendapatkan karyawan yang tepat.

4. Berikan Sesuatu Yang Lebih Pada Surat Lamaran Anda

Lakukan ini bahkan jika employer tidak memintanya. Sebenarnya hal ini bukan hal yang paling penting, namun ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kepada employer Anda, seberapa besar keinginan Anda untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut.

Melakukan sesuatu yang berbeda tidak hanya mengenai hasil saja, tetapi juga mengenai pembuktian bahwa Anda dapat berpikir sedikit berbeda daripada orang lain. Jadi lain kali, jika Anda ingin pindah pekerjaan berikan sesuatu yang lebih supaya Anda terlihat berbeda daripada pelamar kerja lainnya.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait