4 Langkah Mudah Bikin Usaha Dengan Modal Kecil

4 Langkah Mudah Bikin Usaha Dengan Modal Kecil

Menurut beberapa ahli bisnis atau akrab di sebut dengan pengusaha senior. Banyak sekali kata-kata bijak dari mereka sebagai renungan dalam hidup kita. Jika saat ini Anda mungkin adalah salah satu pegawai di sebuah perusahaan. Sampai kapan Anda masih mau menjadi orang gajian? Bisa bertahan berapa lama? Sedangkan semua perusahaan pasti akan menemui masa susahnya. Bisa jadi Anda sebentar lagi kena PHK, atau perusahaan Anda bangkrut, atau Anda yang pensiun. Sebelum masa-masa itu benar terjadi, maka buka usaha sendiri adalah solusi untuk Anda.

Jangan merasa bangga jika saat ini Anda menjadi pegawai negeri. Berapa sih gaji sebagai pegawai tetap di perusahaan milik Negara atau di lembaga pemerintahan? Masa iya dengan gaji yang pas-pasan Anda bermimpi ingin cepat kaya. Atau memaksakan diri untuk menjadi orang kaya. Yang pada akhirnya banyak memilih jalan pintas untuk melakukan korupsi, dan cara-cara yang tidak baik.

Apalagi, ditambah dengan tuntutan kebutuhan yang saat ini sudah semakin banyak. Biaya anak sekolah, kebutuhan bayar tagihan sana-sini, dan masih banyak lagi kebutuhan penting lainnya. Mungkin tidak akan bisa terpenuhi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda saja. Untuk itulah jangan mau jadi orang yang hanya gajian setiap bulan. Tapi, jadilah orang yang gajian setiap hari seumur hidup. Bagaimana caranya? Buka usaha yang menjanjikan, milik Anda sendiri.

Merintis sebuah usaha mungkin memang bukan suatu perkara yang mudah. Banyak sekali hal-hal penting yang sudah seharusnya kita persiapkan. Mulai dari jenis usahanya, modalnya, bahkan sampai pada bagian pemasarannya. Semua harus di pikirkan secara matang dan terencana. Jika Anda tidak memahami atau tidak serius dalam membangun sebuah usaha. Usaha tersebut biasanya akan mengalami kerugian karena tidak berkembang.

Oleh karena itulah, banyak calon pengusaha yang pada akhirnya memakai jasa konsultan bisnis. Dengan harapan yaitu bisa mendapatkan suatu strategi serta perencanaan yang matang sebelum memulai usahanya. Lalu bagaimana dengan diri Anda? Dengan modal yang pas-pasan, mungkin akan sulit jika harus menggunakan jasa konsultan bisnis. Maka dari itu, di bawah ini ada beberapa tips atau langkah yang bisa Anda ikuti. Sebelum Anda membangun sebuah bisnis atau usaha sendiri.

Sebelum membahas langkah demi langkahnya, maka akan di berikan sebuah ilustrasi. Yang mana dengan ilustrasi yang berikut ini, Anda benar-benar menjadi terbuka pemikirannya. Dan benar-benar akan memperkuat diri Anda untuk memulai sebuah usaha. Perhatikan baik-baik ilustrasi yang berikut ini.

Misalnya Anda saat ini adalah seorang pegawai, baik negeri maupun swasta. Dengan penghasilan sebesar 10 juta setiap bulannya. Namun, untuk memenuhi semua kebutuhan dan juga tagihan, maka hanya tersisa 1 juta maksimal setiap bulannya. Itu juga bila hidup Anda bisa hemat, masih bisa di tabung. Nah, berapa lama Anda mendapatkan tabungan senilai 1 Milyar? 10 tahun? 20 tahun? Lama sekali.

Itu juga kalau bisa menabung rutin setiap bulan sebesar 1 juta. Dan jika tidak ada hal-hal mendesak yang akhirnya mengharuskan Anda memakai uang tabungan. Misalnya untuk nikahan anak, atau ada musibah mendadak.

Nah, kemudian suatu ketika ada seorang penjual tas cantik untuk wanita. Coba tebak berapa omsetnya setiap bulan? 3 sampai dengan 4 juta perharinya. Itu artinya bahwa penghasilannya setiap bulan rata-rata adalah 90 sampai dengan 120 juta. Kalau saja keuntungan bersihnya adalah 50% maka sudah bisa mengantongi 45 sampai dengan 60 juta setiap bulannya.

Tukang jualan tas saja bisa punya penghasilan yang lebih besar ketimbang pegawai. Padahal bisa jadi bahwa pendidikannya mungkin tidak setara sarjana atau tidak dengan gelar tertentu. Dan kenapa bisa begitu? Ya, itulah hebatnya seorang pengusaha.

Nah, bagaimana sekarang? apakah sudah mulai bergejolak ingin menjadi seorang pengusaha? Berikut inilah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

Tentukanlah Jenis Usaha Yang Anda ingin Geluti

Jika sudah muncul adanya gejolak untuk membuka usaha. Mungkin sebuah pertanyaan “buka usaha apa ya enaknya?” sering Anda tanyakan pada diri sendiri. Memang hal ini penting untuk Anda pikirkan sebelum memulai sebuah usaha. Anda justru haus memikirkannya matang-matang. Termasuk berpikir mengenai bagaimana peluang bisnis dari usaha tersebut. Apakah prospeknya cerah atau tidak.

Selain itu, usahakan bahwa jenis usaha tersebut adalah yang sesuai dengan minat serta keahlian Anda. Akan menjadi percuma rasanya menjalankan sebuah usaha, jika menjalankan suatu usaha namun Anda tidak menyukainya. Yang ada nantinya Anda akan merasa tidak nyaman, dan setengah hati untuk menjalankannya. Dampaknya adalah rugi sedikit, sudah mau menyerah ditengah jalan.

Anda bisa mencoba untuk mencatat minat serta hal-hal yang Anda sukai. Kemudian list juga beberapa usaha yang ingin Anda rintis. Pilihlah salah satu usaha yang paling masuk dalam minat Anda. Maka nantinya saat menjalankan usaha, akan menjadi terasa menyenangkan.

Misalnya saja, Anda hoby memasak dan bisa membuat beraneka macam kue. Anda bisa memulai untuk membuka toko kue. Lain lagi jika Anda suka belanja dan penggemar fashion. Maka Anda mungkin juga bisa merintis usaha buka butik atau berjualan tas dan sepatu.

Lakukan Survei Dengan Segera

Setelah menentukan jenis usaha apa yang ingin Anda geluti. Maka selanjutnya adalah penting untuk melakukan survey lapangan. Mengapa harus survey segala? Memangnya sensus? Justru survey inilah hal penting yang terkadang bahkan banyak pengusaha pemula lupa untuk melakukannya. Survei ini penting untuk mengetahui peluang dari bisnis Anda. Seberapa besar kemungkinan bisnis tersebut akan berhasil.

Kira-kira hal apa saja yang harus di survey?

  • Persaingan pasar Tentu saja hal ini dilakukan dengan melihat usaha yang sejenis atau competitor. Ada berapa banyak orang yang telah menjalankan usaha tersebut. Disamping itu juga, Anda harus mulai mencari informasi mengenai bagaimana kualitas serta ciri khas dari produk pesaing. Mulai dari pelayanannya hingga harga yang di tawarkan. Dengan begitulah Anda akan bisa membuat sebuah strategi untuk dapat bersaing dengan pengusaha yang lainnya.
  • Survei lokasi usaha Survei tempat atau juga lokasi juga perlu untuk dilakukan. Hal tersebut adalah penting agar kita tahu dimana bisnis kita akan dijalankan. Misalnya saja, Anda mencari sebuah tempat untuk fotocopy dan juga penjilitan buku. Pastinya yang pas untuk membuka usaha tersebut adalah lokasi sekitar kantor atau sekolahan. Bukan malah di dekat-dekat perumahan.
  • Perilaku KonsumenPerilaku konsumen ini juga merupakan suatu hal yang penting bagi Anda. Sebisa mungkin bahwa jenis usaha yang ingin Anda bangun adalah usaha dengan minat konsumen tinggi. Mau sebagus apapun konsep dari bisnis Anda, namun jika minat dari konsumennya tidak ada, tetap saja Anda harus siap-siap untuk gulung tikar.

Mempersiapkan Modal Dan Strategi Usaha Dengan Matang

Untuk merintis sebuah usaha benar-benar dari nol, maka itu bukan berarti modalnya juga nol. Anda tetap saja membutuhkan modal untuk merintis usaha dari awal. Berapakah modal yang Anda butuhkan? Ya tentu saja tergantung seberapa besar usaha yang ingin Anda buka.

Pada umumnya, mau usaha dengan modal kecil maupun besar ya sama saja putaran modalnya. Sebisa mungkin jangan langsung habiskan seluruh modal Anda. namun sisakan minimal 40% nya. Hal tersebut berfungsi sebgai dana cadangan. Jadi, nantinya jika usaha Anda tidak berjalan, maka masih ada dana untuk menghidupkan kembali usaha Anda. Atau setidaknya Anda bisa berganti ke usaha yang lainnya.

Selain modal, hal penting lainnya yaitu mengenai strategi usaha Anda. bagaimana Anda akan mendesain produk Anda agar unik dan berbeda dari yang lainnya. Dan juga bagaimana cara Anda memasarkan produknya. Cara Anda menjual dan cara Anda untuk mengatur keuangannya. Semua ini benar-benar perlu untuk di pikirkan matang-matang.

Dan yang tak kalah penting, Anda juga harus mendaftarkan usaha Anda. Jangan sampai usaha Anda nantinya di klaim oleh pihak lain. Dengan mendaftarkan usaha Anda maka usaha tersebut akan lebih terasa aman. Dan Anda akan semakin tenang menjalankan usaha karena ada perlindungan hukum. Sehingga jika sewaktu-waktu di klaim pihak lain. Anda bisa tunjukkan bukti usaha Anda.

Membangun Mental Yang Kuat dan Lakukan Evaluasi

Terkadang mungkin langkah ini di anggap tidak penting. Padahal tanpa Anda sadari langkah yang ini juga sangat penting untuk Anda terapkan dalam bisnis Anda. Apalagi jika membangun usaha benar-benar dari nol. Maka di butuhkan mental yang sangat kuat untuk Anda. Serta tak lupa juga harus melakukan evaluasi. Sehingga apa-apa yang kurang dalam usaha Anda bisa di perbaiki.


Ditayangkan sebelumnya dari situs kudo.co.id
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait