Mengapa Sangat Sulit Mengubah Ide Menjadi Bisnis? Ini jawabannya

Mengapa Sangat Sulit Mengubah Ide Menjadi Bisnis? Ini jawabannya

Scott D. Anthony, penulis buku The First Mile: A Launch Manual for Getting Great Ideas Into Market mengatakan bahwa masa – masa awal ketika memulai usaha merupakan masa yang paling memabukkan. Ketika sebuah inovasi bertemu dengan pasar merupakan masa – masa yang sulit bagi setiap startup. Sebagai managing director di innosight Singapore, Anthony sangat memahami apa yang dia katakan tersebut. Buku yang ditulisnya menggali sebuah pelajaran mengenai susah payahnya membangun startup dan perusahaan raksasa yang mendunia. Dia membagikan pengetahuannya beberapa jebakan yang selalu menjerat para entrepreneur.

Mengapa langkah pertama merupakan yang tersulit?

Kata “langkah pertama” merupakan hasil observasi saya dimana ada banyak kemungkinan untuk gagal ketika Anda pertama kali menerapkan rencana bisnisAnda ke dunia nyata. Saya menulis buku ini karena sudah begitu banyak buku yang menulis mengenai proses untuk memproduksi sebuah produk, model yang scalable tetapi sedikit buku yang menulis bagaimana melalui langkah pertama ketika Anda meluncurkan sebuah bisnis, kata Anthony.

Dimana kegagalan yang paling banyak dialami oleh para startup?

Salah satu hal penyebab kegagalan startup yang ekstrim adalah “paralysis by analysis,” dimana sebuah bisnis hanya ada dalam kepala seseorang. Mereka mencoba untuk membuat rencana bisnis yang sempurna dan menyingkirkan segala resiko sebelum mereka mengambil langkah pertama. Dan penyebab lainnya adalah “doing without thinking,” dimana Anda meletakkan sesuatu ke pasar untuk melihat apa yang terjadi. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan membuang waktu dan uang untuk mempelajari hal yang sudah diketahui oleh dunia.

Mengapa banyak perusahaan (venture capital) yang gagal untuk meraih financial milestone mereka?

Dalam dunia startup, Anda beroperasi dalam ketidakpastian yang ekstrim, dan alasan mengapa orang – orang tidak berhasil meraih target angka mereka adalah karena angka tersebut tidak realistis. Anda harus bisa memisahkan fakta dan fiksi tentang angka Anda. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh entrepreneur adalah mereka melihat rencana bisnis mereka berdasarkan hal yang sudah baku.

Apakah salah dengan berpikir bahwa  konsep Anda merupakan “ide sempurna” yang akan mengubah dunia?

Setiap orang memiliki harapan besar ketika mereka berpikir bahwa mereka akan melakukan sesuatu hal yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Namun pada umumnya ada alasan mengapa hal tersebut tidak pernah dilakukan sebelumnya. Mungkin ada kompetitor besar, teknologi yang belum mendukung, masalah kebijakan pemerintah, atau pelanggan yang tidak peduli dengan hal tersebut.

Selalu tanyakan pada diri Anda: Mengapa orang – orang cerdas tidak memulai hal ini? Kemudian bersiaplah untuk menerima alasan mengapa mereka tidak melakukannya.

Apa yang harus dilakukan ketika bisnis yang dibangun tidak berhasil?

Carilah orang untuk membicarakannya, usahakan berbicara dengan orang yang berada diluar bidang Anda. Sangat mudah untuk jatuh cinta pada konsep Anda, tetapi seorang penasihat yang terpercaya dapat membantu Anda untuk melihatnya dengan sudut pandang yang lebih kritis. Dan, tidak peduli seberapa besar cinta Anda terhadap konsep tersebut, bersiaplah untuk memeriksanya dari berbagai sudut. Hal itulah yang membuat seseorang menjadi seorang entrepreneur yang handal.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait