Ekonomi Global Belum Maksimal, Pertumbuhan Investasi Indonesia Tumbuh Hingga 30 Persen

Ekonomi Global Belum Maksimal, Pertumbuhan Investasi Indonesia Tumbuh Hingga 30 Persen

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa target investasi tahun 2022 telah terpenuhi namun akan disampaikan secara resmi nanti.

“Saya ingin menyampaikan bahwa investasi tahun 2022 insyaallah sudah mencapai target ya. Target presiden kepada kami adalah Rp 1.200 triliun. Insyaallah akan mencapai target ini. Tetapi berapa kepastiannya akan kami umumkan di pertengahan Januari 2022,” kata Menteri Bahlil disela-sela acara Tim Perumus Pleno III Munas XVII HIPMI di Canggu,Sabtu(7/1).

Menurutnya pemerataan investasi antara Jawa dan luar Jawa sudah mulai berimbang lalu diluar Jawa bahkan sudah lebih besar dibandingkan di Jawa.

"Kita harus bersyukur bahwa sekalipun pertumbuhan ekonomi global yang belum maksimal tapi investasi di Indonesia tumbuh 25-30 persen,"ujarnya kepada wartawan.

“Untuk 2023, target Presiden kepada kami itu sekitar Rp 1.400 triliun. Ada syarat agar pertumbuhan ekonomi diatas 5 persen. Karena kan defisit. APBN kita sekarang sudah di bawah 3 persen. Yang dulunya hampir 5 persen,” ungkapnya.

“Saya ingin mengatakan bahwa ini sebuah pekerjaan yang tidak gampang. Ini pekerjaan yang berat sekali. Kenapa saya katakan demikian. Karena krisis ekonomi global di depan mata,” sambung Menteri Bahlil.

:Kita tahu pandemi Covid-19 yang belum pulih utuh dan konteks pemulihan. Ditambah ketegangan geopolitik perang Rusia dan Ukraina, yang mengakibatkan krisis pangan dan energi tentu berdampak kemana-mana termasuk Indonesia,"paparnya.

“Jadi kalau saya ditanya apakah optimistis dengan Rp 1.400 triliun, maka saya katakan ekonomi Indonesia baik tapi ekonomi global dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Syaratnya cuma satu stabilitas. Kalau ini mampu dijaga di 2023 maka insyaallah pertumbuhan akan baik,” unkap Menteri Bahlil.

"Tapi begitu stabilitas tidak dijaga dengan baik maka bukan tidak mungkin Indonesia akan mengalami nasib yang sama seperti apa yang dialami oleh Inggris,"jelasnya.

Menteri Bahlil menuturkan siapa yang menduga akibat pandemi perang kemudian pergantian kepemimpinan yang begitu cepat. Kemudian membuat kebijakan yang tidak direspon positif dari pasar keuangan. Maka dalam sejarah dunia pertama kali nilai tukar dolar lebih tinggi daripada poundsterling. 

Dan beberapa lembaga keuangan kemudian merevisi berbagai asumsi asumsi pertumbuhan yang ada di Inggris. Yang pada akhirnya untuk bangkit lagi susah. 

"Nah Inggris yang begitu kuat saja demikian. Apalagi juga yang ada di Indonesia,"katanya.

“Saya tidak mengatakan pesimistis. Tapi kita harus optimistis yang realistis. Strategi 2023 kamu fokus pada hilirisasi. Sesuai dengan arahan dan permintaan Presiden Jokowi. Seperti Freeport diambil alih 50 persen sahamnya,” ucap Menteri Bahlil

“Tentang HIPMI, saya hari ini hanya dewan kehormatan. Namun saya katakan bahwa HIPMI ini adalah aset negara. HIPMI ini adalah organisasi anak-anak muda sejak tahun 1972 yang orientasinya membangun enterpreneur muda. Yang nasionalis. Karena itu pemerintah merasa membutuhkan HIPMI. Karena HIPMI ini aset negara,” ungkapnya.