Paritrana Award 2024 Apresiasi Bagi Yang Mendukung Program Jamsostek

Paritrana Award 2024 Apresiasi Bagi Yang Mendukung Program Jamsostek

Paritrana Award adalah apresiasi bagi sejumlah pihak yang dianggap serius mendukung program jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek). Tidak hanya pemerintah daerah, apresiasi ini diberikan kepada pemerintah desa, korporasi termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Khusus Paritrana Award 2024 di Provinsi Bali, telah diserahkan di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Kamis (8/8/2024). Belasan pihak dari delapan kategori berhak atas apresiasi ini. 

Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, mewakili Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyerahkan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Awards) Tahun 2024. Ia mengapresiasi seluruh stakeholder yang berkontribusi dalam melahirkan dan mengimplementasikan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Program ini sangat bermanfaat bagi tenaga kerja dalam mengantisipasi risiko kerja," tegasnya. 

Dewa Indra mengucapkan terima kasih kepada badan usaha yang meraih penghargaan tahun ini. Ia menyebut bahwa penghargaan ini menjadi penanda bahwa perusahaan-perusahaan tersebut telah memberi perhatian kepada tenaga kerja mereka dengan mengcover jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Ini sebagai satu instrumen untuk memotivasi kita semua baik pemerintah dan badan usaha untuk terus meningkatkan peran dalam memberi perlindungan sosial kepada tenaga kerja," ujarnya 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bali, Ida Bagus Setiawan menjelaskan, Paritrana Award merupakan ajang penghargaan bagi pemerintah daerah dan pelaku usaha. Penghargaan bagi pihak-pihak yang telah mengimplementasikan program jaminan sosial ketenagakerjaan dengan baik. 

"Penghargaan ini diharapkan mampu mendorong pemerintah daerah dan pelaku usaha untuk meningkatkan cakupan kepesertaan secara nasional," sebutnya. 

Kepala Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Bali, Nusa Tenggara dan Papua (Banuspa), Kuncoro Budi Winarno di tempat yang sama berharap, Paritrana Award mampu merangsang kesadaran seluruh pihak. Ia pun mengingakan, pentingnya program jamsostek bagi pekerja.

Jamsostek disebut tidak hanya penting bagi pekerja penerima upah. Pekerja perorangan yang sifatnya individual dan memiliki tingkat pendapatan relatif rendah juga perlu terproteksi program jamsostek. 

”Ini dikategorikan sebagai pekerja rentan, karena secara fisik memang rentan karena pekerjaannya berpotensi menyebabkan terjadi kecelakaan kerja. Dan secara ekonomi juga rentan, karena pendapatannya hanya cukup untuk mempertahankan hidup dan tidak bisa melindungi diri melalui jaminan kesejahteraan sosial baik jaminan kesehatan maupun ketenagakerjaan," bebernya.

"Sehingga, inilah yang menjadi perhatian pemerintah melalui Tim yang sudah dibentuk,” lanjut Kuncoro. 

Dijelaskan, realisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan per Juli 2024 di sektor formal baru mencapai 52%. Pihaknya mengungkapkan, sekitar 47% tenaga kerja dari keseluruhan yang terdata belum terlindungi jaminan sosial. 

”Di sektor informal baru sekitar 26 % persen lebih yang baru terlindungi, sehingga masih ada 73% persen tenaga kerja yang belum terlindungi. Ini tantangan kita bersama, kalau karyawan tetap itu menjadi tanggung jawab perusahaan/badan usaha yang menaungi. Sedangkan yang berada di sektor informal inilah yang menjadi tanggungjawab kita bersama,” pungkasnya.

Berikut daftar penerima Paritrana Award 2024 Provinsi Bali : 

Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota

- Kabupaten Gianyar (Juara I)

- Kabupaten Badung (Juara II)

- Kota Denpasar (Juara III)

 

Kategori  Pemerintah Desa

- Desa Lebih/Kabupaten Gianyar (Juara I)

- Desa Gunaksa/Kabupaten Klungkung (Juara II)

- Desa Tegal Harum/Kota Denpasar (Juara III)

 

Kategori Perusahaan Skala Menengah Besar/Sektor Jasa Keuangan

- BPR Sukawati Pancakanti (Juara I)

- BPR Lestari (Juara II)

- BPR Artha Budaya (Juara III)

 

Kategori Perusahaan Skala Menengah Besar/Sektor Pendidikan

- ITB STIKOM Bali (Juara I)

- Elizabeth International Hotel and Business School (Juara II)

- Bali International School (Juara III)

 

Kategori Perusahaan Skala Menengah Besar/Sektor Manufaktur dan Konstruksi

- Mitra Prodin (Juara I)

- Langgeng Kreasi Jayaprima (Juara II)

 

Kategori Perusahaan Skala Menengah Besar/Sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Perikanan

- Cendana Indopearls (Juara I)

Kategori Perusahaan Skala Menengah Besar/Sektor Perdagangan dan Jasa

- Bali Safari and Marine Parks (Juara I)

- Angkasa Pura Support (Juara II)

- Awahita Indonesia Putra (Juara III)

 

Kategori Usaha Kecil Mikro

- Nekhawa (Juara I)

- Delicacao Bali (Juara II)

- INBI Nusantara Sejahtera (Juara III) 

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait