BPJAMSOSTEk Gianyar:Paritrana Award 2024 Sinergi Wujudkan Universal Coverage Jamsostek

BPJAMSOSTEk Gianyar:Paritrana Award 2024 Sinergi Wujudkan Universal Coverage Jamsostek

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) menjadikan ajang Paritrana Award 2024 Provinsi Bali sebagai pemantik instansi pemerintah dan badan usaha memperluas cakupan peserta. Penghargaan Paritrana Award merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan upaya yang konsisten dari Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada masyarakatnya. 

Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, dalam acara yang dihadiri oleh para pejabat dan tokoh penting di Provinsi Bali serta dari kabupaten/kota se-Bali. Acara ini juga menjadi ajang berbagi inspirasi dan motivasi bagi daerah-daerah lain dalam meningkatkan kualitas pelayanan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Gianyar Pandu Aria mengatakanpihaknya berharap dengan adanya Paritrana Award ini mampu menjadi penambah semangat bagi seluruh pihak untuk saling bersinergi mewujudkan Universal Coverage Jamsostek. "BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen untuk selalu memberikan experience dan kualitas layanan terbaik kepada peserta, mulai saat mendaftar, aktif menjadi peserta, hingga klaim," paparnya.

 "Kami juga berkomitmen untuk mencapai Universal Coverage Jamsostek. Tentunya, upaya ini juga memerlukan sinergi dan komitmen bersama dari seluruh stakeholders, diantaranya Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan pelaku usaha,” ujarnya. Secara umum tujuan ini program ini untuk mengetahui komitmen kepala daerah, ke depannya bagaiamna meningkatan coverage dari tenaga kerja yang terlindungi dan anggaran sebagai komitmen yang ada dalam bentuk aturan, program dan anggaran. 

Diharapkan pemerintahan daerah bisa meningkatkan perlindungan secara kontinyu, dan ini juga untuk mengukur pencapaian pemerintah daerah kabupaten/kota. Khusus informal, Kabupaten Gianyar menyasar pekerja rentan. Bahkan pihaknya disebut memiliki kebijakan berupa 1 desa 100 pekerja rentan yang dicover Pemkab Gianyar selama enam bulan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Tahun kemarin kita sudah di 6.400, kemudian di tahun ini kita akan tingkatkan menjadi 12.800 untuk coverage. Termasuk juga yang di desa, hampir semua kita sudah, dari kepala desa, perangkat desa termasuk juga pekerja rentannya, kader-kader kita di desa juga, posyandu, ada pekerja sosial di desa, kita semua cover," ujarnya. 

Guna memaksimalkan cakupan kepesertaan, pihaknya juga memiliki sejumlah inovasi. Inovasi yang dimaksud, seperti mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menjadi agen Perisai. 

"Kita tahun 2024 berkomitmen, akan kita tingkatkan coverage kita kepada masyarakat, karena program jaminan sosial ketenagakerjaan sangat bermanfaat untuk masyarakat," pungkas. 

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Ketut Surya Adnyani mengatakan berkat dukungan penuh semua pihak dalam mengimplementasikan program BPJS Ketenagakerjaan guna peningkatan cakupan perlindungan masyarakat dalam memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan serta mendorong perusahaan pada semua sektor. Sehingga Pemkab Gianyar berhasil melakukan lompatan signifikan dari tahun sebelumnya. 

“Pada hari ini Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Tenaga Kerja memperoleh penghargaan Paritrana Award peringkat pertama. Tentu ini merupakan sebuah anugrah, melihat program BPJS Ketenagakerjaan yang sangat luar biasa manfaatnya bagi masyarakat,” kata Dayu Surya. Tentu peningkatan ini menjadi prestasi dan tanggung jawab Pemkab Gianyar kedepannya untuk lebih meningkatkan capaian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. “

“Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan per-tanggal 30 Juni 2024 telah mencapai 43%, dan saya berharap tahun depan kita dapat meningkatkan capaian tersebut dan manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat,” lanjutnya.

Prestasi ini tidak lepas dari peran semua sektor yang telah mendukung penuh implementasi program BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kabupaten Gianyar. Mulai dari kelompok tani, kelompok nelayan dan lainnya untuk ikut serta sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan. Sekali lagi terima kasih atas dukungan Pemerintah, masyarakat, badan usaha formal dan informal, serta kepala desa atas dukungannya sehingga kita meraih predikat pertama dalam Paritrana Award 2024,” tandasnya. 

 Selain penghargaan tersebut, juga diserahkan penghargaan kategori pemerintah desa dan badan usaha dari Kabupaten Gianyar. Diantaranya BPR Sukawati Panca Kanti sebagai juara I kategori sektor keuangan, PT. Mitra Prodin sektor manufaktur & kontruksi, Bali Safari sebagai juara I kategori sektor perdagangan dan jasa, Capella (Awahita Indonesia Putra) sebagai juara III kategori sektor perdagangan dan jasa, serta Desa Lebih sebagai juara I sebagai kategori Pemerintah Desa.

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait