Cara mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis Anda

Cara mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis Anda

Entah apakah mereka adalah pengusaha yang baru memulai usaha mereka atau pemiliki bisnis veteran, ada satu kesamaan yang dimiliki oleh pemilik bisnis kecil yaitu: Mereka selalu berpikir cara mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis mereka. Saya berharap ide berikut ini dapat membantu Anda untuk membangun basis pelanggan Anda.

Referral

Meminta referral dari pelanggan Anda, keluarga, dan kolega yang membutuhkan layanan Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru. Akan lebih baik jika Anda mengembangkan sebuah sistem yang dirancang untuk mendapatkan referral daripada Anda meminta referral secara asal. Anda dapat meminta referral dari orang – orang yang puas dengan jasa atau produk yang Anda jual. Kemudian jangan lupa juga untuk terus melakukan follow up agar mereka tidak lupa untuk memberikan referral kepada Anda.

Media Sosial

Memiliki kehadiran yang kuat dalam media sosial dapat memberikan Anda audiens baru. Dengan berbagi konten yang bernilai bagi target market Anda, maka akan mendapatkan like, retweet, dan re-share yang berpotensi untuk mendapatkan pelanggan baru. Anda bahkan dapat menggunakan jasa beriklan pada media sosial untuk mentargetkan pasar yang sangat spesifik.

Baca juga:  5 Cara Menutup Penjualan Dengan Pelanggan Yang Ragu – Ragu

Pemasaran Konten

Ketika Anda sedang mencari cara untuk mendapatkan pelanggan baru, Anda harus ingat bahwa kebanyakan orang saat ini mencari informasi tentang produk, layanan, dan bisnis secara online. Jika perusahaan Anda telah membuat konten yang dapat membantu mereka menjawab pertanyaan yang mereka cari, maka Anda berpeluang untuk menarik pelanggan baru. Konten dapat bermacam – macam, mulai dari postingan blog hingga ke ebook atau infografis. Menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh target pasar Anda ketika mereka sedang mencari produk Anda dapat membantu konten Anda untuk muncul pada hasil pencarian mereka.

Advertising Online

Targeted online advertising seperti pay-per-click (PPC) merupakan pilihan yang terbaik karena terjangkau dan salah satu strategi efektif bagi pemilik bisnis yang sedang bingung untuk mendapatkan pelanggan baru. Rahasia untuk sukses dalam advertising online adalah memilih kata kunci yang biasa digunakan oleh audiens Anda ketika melakukan pencarian dan membuat call-to-action yang baik dalam iklan tersebut.

Networking

Word-of-mouth masih merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru, jadi jangan pernah melupakan teknik yang satu ini. Sebagai tambahan, cobalah membawa jejaring sosial Anda ke offline agar Anda dapat membangun hubungan secara face-to-face yang tentu saja akan menjadi hal yang sangat penting untuk mendapatkan lead baru.
Baca juga:  Cara membuat rencana pemasaran sederhana

Event Marketing

Sebuah event dapat menjadi sebuah langkah yang cerdas bagi setiap bisnis yang sedang membuat rencana untuk mendapatkan pelanggan baru. Entah apakah Anda melakukan penjualan di pinggir jalan, pagelaran seni di kafe kopi kesukaan Anda, atau mengadakan party yang mengundang pelanggan Anda saat ini bersama dengan teman mereka, dengan mengadakan acara seperti itu, maka Anda mungkin akan mendapatkan perhatian lebih dari mereka. Bagi pemilik bisnis yang belum mampu untuk mengadakan event sendiri, maka dapat berpartisipasi atau memberikan sponsor pada event komunitas lokal juga merupakan hal yang efektif untuk membuat nama Anda dikenal pada audiens baru.

Bekerja sama dengan bisnis lain

Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan baru tanpa harus melakukan semua hal sendirian, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan bisnis lain yang dapat melengkapi produk atau jasa yang Anda jual. Sebagai contoh, took buku anak – anak dapat bekerja sama dengan salon yang memiliki spesialis pada potongan anak – anak. Ketika bekerja sama dengan bisnis lain, Anda dapat memberikan kupon atau brosur masing – masing bisnis, berikan diskon kepada pelanggan yang membeli produk atau jasa partner Anda, begitu juga sebaliknya dan cantumkan link website partner Anda pada website Anda.

Baca juga:  Rahasia untuk menjadi lebih kreatif sekarang juga

Mendapatkan Publisitas

Coba hubungi media lokal (termasuk print, broadcast, radio, dan jurnalis online) agar mereka bisa mendapatkan update terbaru tentang bisnis Anda sehingga mereka dapat membantu Anda menarik pelanggan baru. Entah apakah itu pada saat anniversary, sale akhir tahun, atau meluncurkan produk baru, buat nama bisnis Anda muncul pada hasil cetakan (atau blogs) dapat membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Menawarkan Deals

Situs deal seperti Groupon dapat memperkenalkan bisnis Anda ke grup tertentu agar mendapatkan pelanggan baru. Untuk membuat rencana tersebut berarti, cobalah untuk menstrukturisasi deal Anda agar tetap bisa mendapatkan keuntungan dan menjual lebih banyak produk atau jasa.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait