7 Cara menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

7 Cara menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Walaupun kita merekrut freelancer atau memiliki karyawan sendiri, kita harus tetap dapat bekerja sama dengan orang – orang di lingkungan kerja kita. Perusahaan Anda akan menjadi seperti mesin yang diberikan pelumas jika Anda menciptakan hubungan positif dengan sesama kolega dan rekan kerja.

Berikut ini merupakan tujuh tips yang akan membantu Anda mengembangkan hubungan baik di tempat kerja.

Mengembangkan attitude yang positif

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, rekan kerja dan karyawan Anda akan melihat Anda sebagai seorang panutan dalam bisnis dan lingkungan kerja. Sebuah attitude yang positif merupakan kunci untuk menyenangkan dan membuat kenyamanan pada lingkungan kerja. Sebuah attitude yang positif atau negatif dapat memberitahukan kepada pelanggan Anda tentang bisnis Anda, yang mana akan ditranslasi menjadi keinginan mereka untuk melakukan bisnis dengan Anda. Mereka dapat mengetahui jika segala sesuatunya baik, dan mereka juga dapat mengetahui bila ada yang tidak baik.

Perlakukan setiap orang dengan rasa hormat

Setiap orang yang bekerja bersama Anda berhak mendapatkan rasa hormat, bahkan ketika Anda berbeda pendapat dengan mereka. Cobalah untuk melihat kembali satu per satu anggota tim Anda sebagai bagian terpenting dalam organisasi Anda. Hormati jika mereka memiliki opini yang berbeda dan cara mereka melihat dunia dari sudut pandang berbeda. Rasa hormat ini akan terus berkembang menjadi sebuah kepercayaan dan kerjasama tim yang akan membuat bisnis Anda menjadi lebih baik.

Lebih aktif mendengar

Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan Anda mendengar secara aktif. Dorong agar rekan kerja Anda mau berbagi pemikiran dan terbuka untuk mendengar mereka tanpa adanya gangguan atau penolakan karena pemikiran mereka berbeda dengan Anda. Untuk menjaga lingkungan dimana setiap orang merasa mereka memiliki hak suara, Anda dapat melakukan pendekatan dengan mengatakan, “ya, itu mungkin dilakukan” daripada “tidak, hal itu tidak akan berhasil.”

Berhubungan pada level personal

Kembangkan sebuah hubungan yang erat dengan rekan kerja Anda. Bertukarlah ide dan opini pribadi. Tunjukkan empati Anda dan pahami kondisi kesehatan mereka. Sediakan waktu untuk mempelajari keluarga dan tujuan hidup mereka. Ketika Anda menunjukkan rasa ketertarikan yang nyata pada orang lain, Anda akan membuat lingkungan kerja yang menyenangkan.

Kembangkan hubungan di luar dari pekerjaan

Pergilah makan siang bersama rekan kerja Anda atau rencanakan sebuah acara bersama seperti karaoke atau pergi ke taman hiburan. Kenali karakter satu sama lain di luar dari pekerjaan. Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa mungkin mereka memiliki kesamaan ketertarikan dengan Anda sehingga Anda dapat mengembangkan hubungan Anda menjadi lebih kuat.

Bekerja bersama untuk tujuan besar

Kebanyakan orang – orang akan merasa bahagia ketika mereka dapat membantu orang lain. Cobalah sesekali untuk mengikuti kegiatan amal dan dorong rekan kerja Anda untuk ikut berpartisipasi dalam acara penggalangan dana untuk lingkungan atau kemanusiaan. Anda akan membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat dengan mereka ketika Anda memiliki tujuan yang sama dengan mereka. Postingkan laporan tentang keadaan perusahaan secara berkala melalui newletter atau mading kantor. Berikan pengakuan kepada setiap orang yang sudah bekerja keras dan berdedikasi terhadap perusahaan Anda.

Ucapkan terima kasih

Ada beberapa cara untuk memberikan penghargaan, diantaranya adalah memberikan pujian, pengakuan, uang, hadiah, kartu ucapan, makan – makan, piala, dan sertifikat pencapaian. Berikan kebebasan bagi mereka untuk memberikan umpan balik dan tunjukkan rasa terima kasih Anda jika ada karyawan yang bersedia untuk melakukan pekerjaan di luar dari rutinitas mereka dan tanggung jawab mereka.

Setiap orang suka untuk dihargai dan diapresiasi untuk apa yang sudah mereka lakukan setiap harinya. Sebuah attitude yang positif akan muncul dengan sendirinya apabila Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang bersahabat. Berikan mereka rasa hormat, kebaikan, keterbukaan, kepedulian, dan kepercayaan dan Anda akan mendapatkan imbalannya berkali – kali lipat.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait