Ilmu Pengetahuan Abadi dan Universal Sepanjang Masa

Ilmu Pengetahuan Abadi dan Universal Sepanjang Masa
Bhagawad Gita merupakan ajaran universal  yang diperuntukkan untuk seluruh umat manusia, sepanjang masa. Untuk mengetahui rahasia kehidupan sejati di dunia ini sehingga dapat terbebaskan dari kesengsaraan dunia dan akhirat . Bhagawadgita merupakan kitab suci universal dan ilmu pengetahuan abadi, yakni sudah ada sebelum umat manusia menuliskan sejarahnya dan ajarannya tidak akan dapat dimusnahkan.
————————————–
Kebanyakan kaum intelektual paling sedikit sekali dalam hidupnya membaca Bhagawad Gita. Aldous Huxley menulis dalam kata pengantar untuk ‘The Song of God’ dari Swami Prabhavananda dan Christopher Isherwood, sebagai berikut : “Bhagawad Gita mungkin satu-satunya kitab suci yang paling sistematis mengungkapkan philsafat perenial philsafat abadi.”
Bhagawad Gita memenangkan minat dan perhatian dari para intelektual seperti Von Humboldt dari Jerman dan Ralph Waldo Emerson dari Amerika Serikat. Ia juga mempengaruhi pemikir seperti Hegel dan Schoupenhauer.
Bhagawad Gita (4:11) berkata, “Jalan manapun yang ditempuh manusia untuk mendekati Aku, dengan jalan itu Aku terima mereka; jalan manapun yang mereka pilih pada akhirnya mereka akan mencapai aku.”
Bhagawad Gita (10.10)
Kepada mereka yang senantiasa setia ber-bhakti kepada-Ku dengan cinta kasih, Aku berikan pengertian yang memungkinkan mereka datang kepada-Ku.
Dari sloka ini, setiap orang dengan mudah mengerti bahwa Agama Hindu tidak memproyeksikan dirinya sebagai satu-satu jalan untuk pengejawantahan Tuhan. Agama Hindu tidak mengklaim monopoli atas kebijaksanaan. Agama Hindu mentoleransi semua bentuk pemikiran. Seorang Yogi Hindu tidak akan pernah mencoba untuk mengkonversi seseorang dari agama lain ke dalam agama Hindu.
Sumber : Am I a Hindu?
————————————–
Bhagavad-gita 4.1
Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, Sri Krsna, bersabda; Aku telah mengajarkan ilmu pengetahuan yoga ini yang tidak dapat dimusnahkan kepada dewa matahari , vivasvan (120 juta tahun yang lalu), kemudian vivasvan mengajarkan ilmu pengetahuan ini kepada Manu, ayah manusia, kemudian Manu mengajarkan ilmu pengetahuan itu kepada iksvaku.
Bhagavad-gita 4.2
Ilmu pengetahuan yang paling utama ini diterima dengan cara sedemikian rupa melalui rangkaian garis perguruan guru-guru kerohanian, dan para raja yang suci mengerti ilmu pengetahuan tersebut dengan cara seperti itu. Tetapi sesudah beberapa waktu, garis perguruan itu terputus, karena itu, rupanya ilmu pengetahuan yang asli itu sudah hilang.
Bhagavad-gita 4.3
Ilmu pengetahuan yang abadi tersebut mengenai hubungan dengan Yang Mahakuasa hari ini Kusampaikan kepadamu, sebab engkau adalah penyembah dan kawan-Ku; karena itulah engkau dapat mengerti rahasia rohani ilmu pengetahuan ini.
Bhagavad-gita 9.2
Pengetahuan ini adalah raja pendidikan, yang paling rahasia diantara segala rahasia. Inilah pengetahuan yang paling murni, pengetahuan ini adalah kesempurnaan dharma, karena memungkinkan seseorang melihat sang diri secara langsung melalui keinsafan. Pengetahuan ini kekal dan dilaksanakan dengan riang.
————————————–
Salah satu hal terpenting atau inti sari Bhagavad Gita adalah bahwa setiap orang, dimanapun dan  apapun kedudukan atau pekerjaannya bisa mendapat pencapaian rohani tertinggi atau kebebasan dengan cara tidak terikat dengan hasil atau keinginan material, tapi menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan.



Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image