Kabardewata.com

Olahraga

Selain Agar Tubuh Nan Aduhai, Ternyata Ada Banyak Manfaat Lain Dari Senam Aerobik

Kategori Olahraga, August 09, 2018, Dilihat sebanyak 21 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Siapa yang tak kenal senam aerobik? Khususnya di kalangan wanita, tipe senam yang satu ini selalu memiliki daya tarik sendiri. Pasalnya, senam aerobik digadang-gadang sebagai salah satu pembentuk tubuh gemulai yang bisa didapat melalui gerakan-gerakannya. Tak heran jika beberapa stasiun televisi menayangkan acara senam aerobik di pagi hari, guna mendukung para wanita untuk juga melakukannya agar tubuh tetap terjaga. Nah, selain membentuk tubuh nan aduhai, senam aerobik ternyata juga memiliki beberapa manfaat sehat tersendiri, lho! Apa saja sebenarnya manfaat senam aerobik?

Yuk simak penjelasan lengkap manfaat senam aerobik berikut ini!

1. Membuat tubuh lebih fit

Manfaat senam aerobik yang pertama adalah untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih fit dan kuat. Pasalnya, latihan aerobik akan efektif dalam membakar kalori, yang dapat membuat Anda lebih mudah dalam menghilangkan berat badan berlebih. Selain itu, latihan aerobik juga akan membentuk tubuh Anda, dan menonjolkan bentuk otot-otot Anda. Hasilnya, tubuh akan terlihat lebih bagus dan menarik. Tak hanya itu, latihan aerobik juga bisa meningkatkan stamina Anda, serta memberikan tubuh energi dalam beraktivitas. Hal ini akan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan mengontrol stres lebih baik. Jadi, Anda akan mendapatkan badan molek dan kualitas mood yang lebih baik. Hebat, bukan?

2. Menyehatkan mental

Manfaat senam aerobik yang kedua adalah meningkatkan kesehatan mental Anda. Pasalnya, latihan aerobik telah terbukti dapat meningkatkan rasa percaya diri, kestabilan emosional, daya ingat, serta fungsi otak. Hasilnya, senam aerobik akan menurunkan risiko Anda dalam mengalami stres serta depresi, sekaligus meningkatkan suasana hati.

3. Mengontrol kadar kolesterol

Kadar kolesterol merupakan sesuatu yang cukup sulit dikontrol, terutama jika Anda menjalani gaya hidup tidak sehat dan kerap mengonsumsi makanan berminyak. Nah, salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh Anda adalah dengan rutin melakukan senam aerobik. Selain itu, senam aerobik juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh Anda.

4. Menurunkan risiko terkena penyakit kronis

Manfaat senam aerobik yang selanjutnya adalah untuk menurunkan risiko Anda dalam terkena penyakit kronis atau parah. American Heart Association dan the American College of Sports Medicine merekomendasikan Anda untuk menjalankan latihan aerobik selama 30 menit secara intens, sebanyak 5 hari dalam seminggu untuk menjaga kesehatan tubuh, sekaligus mencegah datangnya penyakit kronis.

5. Mencegah penyakit jantung

Tahukah Anda bahwa rutin melakukan senam aerobik juga dapat mencegah datangnya penyakit jantung? Selain menguatkan hati dan paru-paru Anda, senam aerobik dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang seringkali menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Selain itu, senam aerobik juga membantu tubuh Anda mengontrol tekanan darah yang juga salah satu penyebab penyakit jantung.

6. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat senam aerobik adalah mengontrol kadar gula yang berlebih di dalam tubuh, sekaligus mencegah datangnya penyakit diabetes tipe 2 yang kerap menyerang banyak orang. Selain itu, dengan kadar gula yang stabil, Anda juga akan lebih mudah dalam mengontrol berat badan dan menurunkan berat badan berlebih.

7. Meningkatkan sistem imun

Jarang yang tahu bahwa rutin melakukan senam aerobik dapat pula meningkatkan kinerja dan pertahanan sistem imun Anda terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Tak hanya itu, sistem imun juga akan lebih efektif dalam menangkal parasit yang menjangkiti tubuh Anda. Hasilnya, Anda akan lebih terlindungi dari penyakit umum, seperti flu dan demam.

8. Mencegah penuaan

Manfaat senam aerobik yang terakhir adalah mencegah penuaan dan membuat Anda hidup lebih lama dari kebanyakan orang. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan senam aerobik memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Selain itu, senam aerobik juga mampu memperkuat daya ingat Anda, sehingga mencegah dementia dan pikun bagi lansia.

Nah, itu dia 8 manfaat senam aerobik yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image