Kabardewata.com

Sosial Budaya

Serombotan Klungkung Masakan Sayur Mayur Khas Bali

Kategori Sosial Budaya, March 06, 2014, Dilihat sebanyak 1113 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Jika anda mendengar nama menu masakan sayur serombotan salah satu Bali kuliner, pikiran banyak orang pasti langsung akan tertuju pada Kota Klungkung. Kota yang termasuk wilayah Bali timur dan dapat ditempuh sekitar 1 jam 30 menit dari Bandara Ngurah Rai. Namun tidak perlu khawatir karena sekarang serombotan tidak hanya dijual di kota Klungkung. Didaerah lain di Bali juga banyak penjualnya, seperti pasar Kreneng, pasar Kumbasari, pasar Kuta, pasar Jimbaran, dan warung-warung yang berada di wilayah Denpasar dan sekitarnya.

Seperti namanya Serombotan merupakan makanan khas Bali yang terdiri dari berbagai sayur–sayuran. Antara lain kecambah, kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, dan terong bulat. Semua jenis sayuran tersebut direbus dengan api sedang hingga matang kecuali terong. Kemudian dipotong pendek untuk mempermudah penyajian. Selain berbagai macam sayuran serombotan, juga disajikan dengan beberapa jenis kacang. Kacang merah, kacang ijo, kacang tanah,  dan kacang hitam sehingga orang menyebutnya dengan serombotan kacang.

Bumbu yang digunakan ada 3 jenis. Yang pertama adalah sambal kelapa parut atau lebih dikenal dengan nama “ Sambal Nyuh”. Sebelum diparut kelapa tua dibakar diatas api kecil, kemudian dicampur dengan bawang putih, cabai, garam, terasi, dan sedikit gula Bali yang telah dihaluskan. Bumbu kedua adalah bumbu kacang, merupakan campuran kacang tanah yang sudah ditumbuk halus, bawang putih, cabai, garam, terasi dan gula Bali. Kemudian digoreng dengan sedikit minyak supaya bumbu matang dan tahan lama. Nah bagi mereka yang suka pedas bumbu terakhir adalah pilihan yang paling tepat. Namanya bumbu “ Unyah Sere Limo “. Terdiri dari cabai, garam,terasi, dan perasan buah jeruk purut.

Dari nama dan penyajian sangat sederhana, begitupun dengan harganya. Sebungkus serombotan Klungkung dijual dengan harga Rp 2.000 per porsi. Dibungkus dengan selembar daun pisang, makanan ini sangat digemari pecinta wisata kuliner Bali. Apalagi ditemani dengan nasi atau irisan ketupat dan kerupuk.

Di kota Klungkung sendiri dagang serombotan dapat dijumpai di pasar senggol sebelah utara kantor Bupati Klungkung. Pasar  senggol ini dibuka mulai dari jam 3 sore hingga jam 11 malam.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image