Kabardewata.com

Sosial Budaya

Donor Plasma Konvalesen Satu Upaya Penanganan COVID-19 di BaliĀ 

Kategori Sosial Budaya, August 11, 2020, Dilihat sebanyak 512 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana menggelar donor plasma konvalesen, Selasa (11/8/2020). 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Makorem 163/Wira Satya itu melibatkan 28 personel Kodam IX/Udayana. 

Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara menjelaskan, donor plasma konvalesen merupakan satu upaya penanganan COVID-19 di Pulau Dewata.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini kita belum bisa menemukan vaksin untuk bisa melawan COVID-19. Dalam beberapa kesempatan Bapak KASAD telah menginisiasi untuk bisa dilaksanakannya donor plasma, terutama di klaster Secapa Angkatan Darat yang ada di Bandung. Saya selaku Pangdam berupaya untuk bisa menjabarkan itu di Bali," kata Pangdam IX/Udayana di Aula Makorem 163/Wira Satya, Selasa (11/8/2020). 

"Dan kita bersyukur, bahwa hari ini 28 orang pendonor yang diambil darahnya, dengan nanti siapa pasien yang bersedia mendapatkan donor plasma, kedepannya akan diatur oleh rumah sakit," lanjutnya. 

28 pendonor kata jenderal bintang dua itu merupakan personel Kodam IX/Udayana yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Mantan Komandan Seskoad itu berharap, insiasi ini merangsang minat masyarakat untuk menjalani donor plasma konvalesen. 

"Saya memahami masyarakat yang pernah terpapar COVID-19, dan masih ragu-ragu untuk mendonorkan darahnya. Saya kira penelitian mengatakan bahwa ini tidak akan berpengaruh terhadap imunitas atau kesehatan dari masyarakat, orang yang pernah terpapar. Sehingga dalam hal ini saya mengimbau kepada masyarakat yang pernah terpapar COVID-19, untuk tidak segan-segan barangkali mendonorkan darahnya, namun tentunya sebelumnya akan diperiksa oleh dokter yang kompeten," ujarnya. 

Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengemukakan, sampai saat ini personel yang terpapar korona mencapai 51 orang. Dari angka itu, 46 orang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Sedangkan 17 diantaranya masih dalam perawatan. 

Sementara itu, 1 orang personel Kodam IX/Udayana telah menjalani terapi plasma konvalesen. Ia menyebut, personel yang melakukan terapi tersebut kondisinya berangsung membaik. 

"Bahkan yang bersangkutan sudah bisa duduk sekarang. Pada awal dirawat, dia harus menggunakan ventilator. Mudah-mudahan ini awal dari upaya kita yang dilaksanakan di Bali," pungkasnya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image