Vespa World Day di Bali Diharapkan Bangkitkan Pariwisata

Vespa World Day di Bali Diharapkan Bangkitkan Pariwisata

Indonesia menjadi negara pertama yang didaulat sebagai tuan rumah Vespa World Days 2022. Ajang ini akan mengambil lokasi di Nusa Dua, Bali pada tanggal 9 - 12 Juni 2022. 

President (Intern) Vespa Club Indonesia sekaligus Ketua Pelaksana Vespa World Day 2022, Danny Hardjuna menjelaskan, event Vespa World Day selama ini hanya dilaksanakan di Benua Eropa. 

"Akhirnya Vespa World Day itu bisa dilaksanakan di Bali. Ini adalah suatu perjuangan yang sangat panjang dari tahun 2016, pada saat Vespa Club Indonesia mendaftarkan sebagai anggota Vespa World Club," ungkapnya di Wantilan Kantor ITDC Nusa Dua, Rabu (11/5/2022).

Menurutnya, mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah Vespa World Day bukanlah perkara mudah.

Pihaknya diakui harus meyakinkan seluruh anggota bahwa Indonesia layak menjadi venue berkumpulnya para vespitis dunia. 

"Indonesia ini adalah merupakan negara ke-48 dari 59 negara sebagai anggota dari Vespa World Club. Pada saat itu di tahun 2016, saat perkenalan dengan Vespa World Club di Perancis, kita menyampaikan keinginan untuk menjadi tuan rumah," ujarnya.

"Sama seperi event dunia seperti World Cup, kemudian Olimpiade dan acara-acara besar lainnya, kita harus kampanye. Jadi ketika mengajukan, tidak pada hari atau tahun yang sama itu bisa dilaksanakan," imbuhnya. 

Kepercayaan besar ini kata Danny akan dimanfaatkan dengan baik.

Terlebih saat ini Indonesia, khususnya Bali tengah berupaya bangkit dari keterputukan akibat pandemi Covid-19. 

Ia berharap Vespa World Day 2022 menjadi oase dalam proses kebangkitan kepariwisataan Bali. 

"Ini adalah anugerah dari Tuhan, dan tentunya vespitis dunia sudah menunggu untuk menikmati Bali. Dalam arti disini, Indonesia akan mencatatkan sejarah. Kenapa? karena dari tahun 1954 hingga 2019, Vespa World Day selalu dilaksanakan di Eropa," tegasnya.

Danny menargetkan, 9.000 vespitis dari 27 negara akan hadir dalam Vespa World Day 2022. 

Vespa World Day 2022 akan mengambil venue utama di Peninsula Island Nusa Dua, Badung. 

Selain itu, pihaknya juga akan mengagendakan turing bagi para vestipis dunia ke sejumlah destinasi wisata di Pulau Seribu Pura. 

"Rencananya itu nanti ada turing dari area Nusa Dua ini, salah satunya ke Desa Penglipuran (Bangli), dan Pantai Melasti (Badung). Ini kan menjadi satu yang lagi happening di luar negeri," sebutnya. 

Managing Director ITDC The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita di tempat yang sama menyambut baik Vespa World Day 2022. 

Menurutnya event ini akan menggairahkan aktivitas kepariwisataan di kawasan The Nusa Dua. 

"Saya kira sanga besar (kontribusi), bukan hanya cukup besar, tentu dilihat dari potensi itu sangat besar. Dan ke depan, kita jadikan ini sebuah model untuk pariwisata kita," ucapnya.

Tidak sebatas ketempatan, Ardita juga mengajak pengelola hotel di kawasan The Nusa Dua menggarap potensi selama Vespa World Day 2022.

Pihaknya diakui telah memfasilitasi peluang ini melalui penandatanganan MoU antara pengelola perhotelan dengan panitia Vespa World Day 2022. 

"Ada setidaknya sembilan mitra official Vespa World Day 2022, seperti Hotel Merusaka, Grand Hyatt, Mercure, Melia, Renaissance, Novotel, Club Med, Amartherra, dan The Royal Santrian yang sudah menandatangani MoU dengan panitia Vespa World Day 2022," katanya.

"Tidak hanya di kawasan The Nusa Dua, saya yakin aktivitas kepariwisataan di sekitar kawasan juga akan bergerak selama event ini," pungkas Ardita.

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait