Kabardewata.com

Pariwisata

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Dua Cruise Sandar Bersamaan di Benoa

Kategori Pariwisata, January 20, 2020, Dilihat sebanyak 1060 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Dua kapal pesiar (cruise) sandar bersamaan di Pelabuhan Benoa. Kedua kapal berbendera Bahamas tersebut yaitu MV Vasco Da Gama, dan MV Europa. 

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Agustinus Maun menjelaskan, MV Vasco Da Gama tiba di Bali Minggu 19 Januari 2020 pada Pukul 13.00 WITA. Dari Bali kapal sepanjang 219 meter tersebut melanjutkan perjalanan ke Sidney (Australia) pada Senin (20/1/2020), Pukul 20.00 WITA. 

Sedangkan MV Europa berada di Pelabuhan Benoa tidak lebih dari 24 jam. Karena setelah tiba pada Senin (20/1/2020) Pukul 07.00 WITA, kapal pesiar sepanjang 224 meter itu bertolak ke Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur) pada Pukul 15.00 WITA. Kedua kapal ini mengangkut setidaknya 2.100 penumpang. 

"Ini kedua kalinya kami di Pelabuhan Benoa menyandarkan dua kapal cruise yang besar sekaligus pada waktu yang bersamaan. Ini prestasi yang luar biasa PT. Pelindo III Cabang Benoa, kemudian teman-teman dari navigasi, kemudian teman-teman semua stakeholder yang ada disini, sehingga bisa kita melakukan penyandaran dengan manis di Pelabuhan Benoa ini," katanya kepada wartawan di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Senin (20/1/2020). 

Agustinus berharap, melalui pemeliharaan fasilitas berupa alur, kolam putar, dan penambahan peralatan navigasi, kedepan Pelabuhan Benoa akan disandari cruise dengan Length of All (LoA) yang lebih panjang. Dikatakan, pihaknya pada 20 Februari 2020 akan kembali disandari kapal pesiar MV. Radiance of the Seas dengan panjang 294 meter.

"Ini akan memberikan dampak kepada industri pariwisata di Bali khususnya, dan di Indonesia pada umumnya, seperti yang diharapkan oleh Bapak Presiden, Joko Widodo untuk mendatangkan wisatawan ke Indonesia dalam jumlah besar," ungkapnya. 

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, pelabuhan di bawah Pelindo III khususnya di Benoa akan terus berupaya meningkatkan pelayanan serta fasilitas guna semakin banyak menarik kapal sandar terutama cruise sebagai upaya dukungan Pelindo III kepada pemerintah mencapai target kunjungan wisatawan asing di 2020.

"Kita tahu semua jika Bali merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang banyak dituju wisatawan asing. Pelindo III berkomitmen mendukung pemerintah memeperoleh devisa dari wisata dengan menyiapkan fasilitas dan pelayanan pelabuhan khususnya di Benoa untuk sandar cruise dari asing dan terbukti hari ini kami di Benoa dalam sehari mampu melayani kedatangan dan sandar 2 cruise secara bersamaan,” ujar Doso Agung.

Selain mengantarkan wisatawan yang akan berwisata di Bali, kedua cruise ini juga akan melakukan pertukaran penumpang hingga logistik dari Bali menuju destinasi wisata selanjutnya. Ke depan Pelindo III berkomitmen akan terus meningkatkan fasilitas pelabuhannya guna meningkatkan kunjungan cruise di Bali.

Doso Agung berharap berbagai peningkatan layanan kapal di pelabuhan Benoa di lakukan guna mendukung pemerintah daerah dan pusat mencapai target wisatawan. Pihaknya juga menyiapkan berbagai pertunjukan hiburan di pelabuhan untuk menyambut wisatawan yang sandar.

"Kami berharap ke depan semakin banyak cruise membawa wisatawan melirik Bali sebagai destinasi wisata dan bersandar di pelabuhan kami. Selain itu kami memberikan berbagai macam hiburan dan pertunjukan seni dalam menyambut para wisatawan di pelabuhan kami," tutup Doso Agung.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image