Lebaran, Kunjungan Wisdom ke Bali Diperkirakan Meningkat 85 Persen

Lebaran, Kunjungan Wisdom ke Bali Diperkirakan Meningkat 85 Persen

Menyambut liburan Lebaran mendatang, pelaku perhotelan di Bali menaruh keoptimisan jumlah kunjungan (okupansi) wisatawan akan mengalami peningkatan di kisaran 75-85 persen. Wisatawan domestik diyakini akan masih mendominasi jumlah kunjungan dengan menyasar hotel-hotel di kawasan Badung.

Pjs. Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA), Ida Ayu Rai Chandrawati Lestari di Renon, Selasa (11/4) menyampaikan dalam rangka menyambut libur Lebaran yang akan datang ini pemesanan sudah mulai berdatangan. Diyakini jumlah kunjungan liburan Lebaran tahun ini akan menjadi fenomena tersendiri karena dari sisi jumlah perlahanlahan sudah mendekati kondisi pada 2019.

“Semoga saja kondisi seperti ini semakin membaik setelah cukup lama kita mengalami masa vakum pada saat pandemi Covid-19,” katanya.

Dayu Candrawati yang juga GM Sadara Resort Tanjung Benoa ini memproyeksikan H-3 Lebaran merupakan puncak dari peningkatan jumlah kunjungan. Asumsi okupansi meningkat di area Tanjung Benoa di kisaran 85 persen. sementara di Bali kira-kira 75-85 persen secara all occupancy, domestik dan internasional.

Disinggung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dengan peningkatan tarif kamar hotel di momen Idul Fitri?. Ia tidak memungkiri pasti harga mengalami peningkatan. Bila dipersentase peningkatan harga bisa mencapai 10 persen. Dicontohkan pada hari normal tariff kamar rata-rata mulai Rp 950.000- Rp 2,5 juta kini di momen liburan kisraan Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta.

Di mana average longstay sekitar 3 malam dari hari normal sebelumnya sampai 2 malam, sekarang sudah meningkat 3-5 malam.

“Bisa dibilang kondisi saat ini full booking. Kondisi sudah sangat normalah pada umumnya,” tegasnya.

Ia pun menambahkan wisdom asal Jakarta dan Jawa masih akan meramaikan kunjungan ke Bali saat liburan Lebaran 2023 ini. Terkait aturan protokol kesehatan seperti penggunaan masker yang sebelumnya diterapkan saat pandemi Covid-19, Dayu Candrawati menilai kini sudah dipelonggar. Kendati demikian pengelola hotel amsih menerapkan penggunaan masker, hanya untuk pengunjung sudah diperlonggar. 

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait