Bali Raih Predikat WTP Untuk Kelima Kalinya

Kategori Ekonomi, May 28, 2018, Dilihat sebanyak 884 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Pemerintah Provinsi Bali kembali meraih Opini WTP untuk kelima kalinya secara berturut-turut.Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Bali Tahun Anggaran 2017 kepada DPRD Provinsi Bali dan Gubernur Bali

Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Dr.H. Harry Azhar Azis, M.A. mengatakan dasar dalam pemberian opini adalah kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan informasi keuangan sesuai dengan SAP, efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. “Kami Pimpinan BPK RI berkeyakinan untuk memberikan opini untuk Provinsi Bali, Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan keuangan Provinsi Bali tahun 2017,” kata Harry di Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Bali di Gedung DPRD Provinsi Bali, Senin (28/5)

Ia menambahkan pencapaian ini merupakan yang kelima kalinya secara berturut-turut yang menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Bali dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas

Harry secara khusus memberi apresiasi terhadap Provinsi Bali atas capaiannya terhadap empat indikator yang disebutnya sebagai indikator kemakmuran. Empat indikator tersebut adalah kemiskinan, pengangguran, gini ratio dan indeks pembangunan manusia yang di Bali semuanya berada di atas rata-rata nasional. Menurutnya banyak provinsi berhasil meraih WTP namun dari empat indikator tersebut hanya satu atau dua yang melebihi rata-rata nasional.

Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama mengatakan penyampaian ini merupakan amanat dari Peraturan perundang-undangan yaitu Undang-undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, dimana antara lain menyatakan bahwa BPK RI mempunyai kewajiban menyerahkan hasil pemeriksaan keuangan negara kepada lembaga DPRD dan Gubernur sesuai dengan kewenangannya.

Sementara ditempat yang sama  Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan semua patut bersyukur atas raihan opini WTP untuk kelima kalinya secara berturut-turut. Menurutnya raihan WTP semestinya menjadi sebuah keharusan bagi semua instansi. Namun dengan berbagai kompleksitas administrasi keuangan, pencapaian ini merupakan sebuah keberhasilan.

“Capaian ini harus dimaknai sebagai sebuah penghargaan terhadap komitmen, akuntabilitas dan transparansi administrasi keuangan kita,” ujarnya.


Sumber:

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST ekonomi LAINNYA