Kabardewata.com

Travel

Pilihan Tempat Camping Terbaik di Alam Bali

Kategori Travel, July 24, 2018, Dilihat sebanyak 185 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Bali, sebuah pulau yang menawarkan segala kekayaan alam yang tak ditemukan di belahan bumi manapun. Untuk itulah, tidak salah jika banyak orang yang ingin menikmati keindahan dan keagungan alam Bali dengan berkemping di sini. Tak hanya turis dalam negeri, namun turis manca negara pun berbondong-bondong turut serta menjadi saksi keindahan alam Bali. Jika tidur di hotel sudah biasa, lalu bagaimana dengan camping? Tentu akan menjadi pengalaman baru dan menyenangkan, bukan? Jika Anda memutuskan untuk camping di pulau Dewata ini, maka berikut ini ada beberapa pilihan tempat terbaik untuk mendirikan tenda di tengah alam Bali yang menakjubkan;
 
Pantai Serangan

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Bali memiliki pulau yang bernama pulau Serangan. Bisa dikatakan bahwa lokasi pulau ini cukup terpencil, tepatnya berada di selatan pantai Sanur. Memliki luas 73 hektar, kita juga menyebut pulau ini dengan pulau Penyu. Sesuai namanya, pulau ini adalah tempat penangkaran penyu yang terkenal di dunia internasional.

Lokasinya yang tak terlalu ramai, dirasa cocok untuk mendirikan tenda dan menikmati pantai yang indah bertemankan suara deburan ombak. Pulau ini berpenghuni, jadi bagi yang camping di sini tak perlu khawatir jika memerlukan pasokan makanan atau kebutuhan lain. Pantai ini cukup alami, berbeda dengan Sanur yang sudah banyak di eksploitasi orang.
 
Kebun Eka Raya Bedugul

Kebun Eka raya terkenal sebagai lokasi outbond terbaik di Bali. Lokasi ini sering dijadikan perusahaan untuk melakukan kegiatan yang bersifat tim. Selain outbond, Anda bisa pula mendirikan tenda dan berkemah di sini. Cuaca yang sejuk menjadi teman setia ketika Anda menghabiskan malam.

Tempat ini sangat luar biasa, bukan hanya cuaca yang mendukung dan adanya fasilitas outbond yang lengkap, namun ada juga tanaman langka yang ada di sini. Tercatat sudah bahwa di kebun ini ada 1.235 jenis tanaman yang masih dilestarikan. Jadi, sambil menikmati alam yang menakjubkan di tempat ini, kita bisa pula mempelajari banyak hal, khususnya tanaman yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya.
 
Bukit Asah Karangasem

Ingin pengalaman camping Anda terasa berbeda? Bukit Asah Karangasem jawabannya. Berlokasi di dataran tinggi dengan pemandangan yang menakjubkan, rasanya camping di sini menjadi pengalaman yang luar biasa. Jika camping di pantai dirasa sudah biasa, maka Anda bisa mencoba mendirikan tenda di bukit yang masih terawat ini.

Suasana di sini cenderung sepi dan tenang, jadi cocok bagi yang mencair suasana wisata yang tak bising seperti lokasi wisata terkenal Bali lainnya. Alam di  sini sangat mendukung bagi yang mencari ketenangan dengan paduan suasana bukit dan juga pantainya yang menakjubkan. Akan bisa dilihat hamparan birunya laut yang menjadi objek yang indahnya tak tertandingi.
 
Bukit Teletubies Nusa Penida

Bukit Teletubies sangat terkenal di antara para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Perbukitan yang hijau dan asri ini sangat mirip dengan perbukitan yang kita lihat di televisi dalam serial Teletubies, dengan bukit yang memiliki lekukan-lekukan yang membentuk gunung kecil, berlikak likuk dengan daerah yang curam dan terjal. Ada pula rumah penduduk yang terlihat kecil dan mungil menmabah eksotisme bukit ini.

Jadi sudah terbayang kan betapa serunya kalau Anda bisa mendirikan tenda di sini dan menghabiskan beberapa hari di bukit ini? Jika ingin acara wisata kesini makin berkesan, Anda bisa datang kala musim hujan. Kenapa? Karena bukit ini akan Nampak hijau dan hiudp kala musim hujan datang. Sedangkan di musim kemarau, bukit ini cenderung terlihat gersang.
 
Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung sering  pula disebut keindahan yang tersembunyi. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pasir putih dan juga birunya laut yang sangat menakjubkan. Pantai ini berlokasi di desa Kutuh, Kuta Selatan, Bali. Di sini pula Anda bisa menikmati sakralnya sebuah Pura yang bernama pura Gunung Payung yang bisa dicapai dengan berjalan ke arah kiri dari pantai.

Pantai ini masih bisa dibilang cukup alami karena tak ditemui adanya villa disekitaran pantai maupun juga pedadang kaki lima. Dengan demikian, rasanya sangat cocok jika kita berkemah  di pantai Gunung Payung yang masih virgin ini.
 
Pantai Nyangnyang

Nama Nyangnyang masih terasa asing di telinga banyak orang. Pulau ini adalah pulau perawan alias virgin karena memang kondisi alamnya yang benar-benar masih asli dan alami sekali. Pantai ini terletak di Bali Selatan, yakni di desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Keindahan ini tersembunyi dibalik bukit yang tinggi, sehingga untuk bisa sampai ke lokasi ini harus menempuh perjalanan yang agak terjal. Disarankan untuk menaiki motor bebek 4 tak ataupun bisa juga dengan mobil off road karena jalanan berbatu apur yang lumayan terjal. Menuju pantai ini benar-benar suatu petualangan yang mengasikkan.

Keindahan pantai yang masih sepi, tenang, dan bersih ini bisa dinikmati dengan berkemah. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan yang cukup karena di sini Anda akan kesulita mencari penjual makanan dan minuman. Selain itu perlu pula mempersiapkan senter, matras, baju ganti, dan alat dapur. Dari bukit, akan ada sajian alam berupa pemandangan laut yang biru nan indah bagai tanpa ujung.
 
Pantai Kedungu

Sunset adalah yang paling terkenal dan populer di pulau Kedungu. Lokasi pantai ini ada di Tanah Lot, yakni di desa Kedungu, kabupaten Tababan. Dari kota Denpasar jaraknya 22 km dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan. Keindahan pantai ini bisa dinikmati sambil berkemah di sini. Susana pantai yang indah juga alam yang asri akan mampu menemani kita dan mengingatkan kita kembali bahwa betapa luas dan indahnya alam ciptaan Tuhan ini.
Selain pantai, pasir, dan ombak, di sini juga bisa ditemukan aliran sungai dangkal yang mengalir menuju laut yang aman untuk dijadikan tempat bermain. Anda bisa pula berkesempatan memancing di sini, semakin gelap semakin mantap untuk memancing, karena area ini justru akan ramai saat hari mulai gelap. Dengan demikian, jadilah tempat ini sebagai lokasi yang menyajikan banyak pengalaman dalam satu spot.
 
Bumi Perkemahan Blahkiuh

Berlokasi di desa Blahkiuh, kecamatan Abiansemal, kabupaten Badung, Bumi perkemahan ini bisa ditempuh dengan jarak 19 km dari kota Denpasar. Bila diakses dengan kendaraan bermotor dari bandara Ngurah Rai Bali, bisa ditempuh dengan jarak 45 menit saja.
Lokasi tempat ini berada di tanah tegalan yang dulu konon katanya merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan Mengwi yang dilengkapi dengan kolam pemandian juga. Karena letaknya cukup jauh dari jaan raya, maka lokasi perkemahan ini sangat tenang dan nyaman dan tidak heran jika ada banyak perusahaan maupun instansi yang melakukan acara di sini, baik itu acara outing, ulang tahun perusahaan ataupun acara pengakraban.
 
Danau Tamblingan

Lokasi ini sangat terkenal sebagai lokasi berkemah di Bali. Salah satu alasannya mungkin karena tidak ada pungutan biaya alias gratis. Jika memutuskan ke sini, maka bersiaplah untuk menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Denpasar. Cukup jauh memang, namun perjalanan ini akan sepadan dengan sajian alam yang indah bagai negeri dongeng. Di sini akan  ada pemandangan danau, area perkemahan yang dipenuhi rerumputan hijau, danau dan juga pemandangan dari  atas bukit yang indah dan mendamaikan.
 
Danau Buyan

Danau ini berlokasi di Tabanan, Bali. Danau ini juga termasuk danau yang terjaga keasriannya, jadi masih sangat alami. Di  sini sudah disediakan area khusus bagi yang ingin berkemah. Spot paling romantis untuk mendirikan tenda di sini adalah di pinggiran danau. Dengan udara yang sejuk, secangkir kopi, dan satu teman ngobrol, maka akan menjadikan momen di tepi danau ini tak terlupakan.
 
Pantai Tegal Wangi

Satu lagi pantai tersembunyi di Bali, yakni pantai Tegal Wangi. Berlokasi di desa adat Jimbaran, lokasi ini bisa ditempuh dengan jarak 30 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali. Berkemah di pantai ini akan memberikan sensasi yang berbeda, yakni dengan pasir putihnya dan juga asrinya pantai yang bersih dan  tak ramai oleh penjaja pedagang kaki lima.

Selain itu, deburan suara ombak akan senantiasa menemani waktu kebersamaan bersama sahabat maupun orang-orang tercinta. Warna air ombak yang menyongsong tepian pantai adalah hijau kebiruan. Bersama menikmati alam di sini, jangan lewatkan pula menikmati sajian alam berupa matahari terbenam yang indah tak tertandingi.
 


Sumber: punapibali.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image