Kabardewata.com

Teknologi

Robot Mainan Anki Cozmo Ini Punya Kecerdasan Buatan Paling Canggih

Kategori Teknologi, June 28, 2016, Dilihat sebanyak 352 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Jika berbicara tentang robot canggih dengan kecerdasan buatan luar biasa, pasti imajinasi kita akan mengarah ke robot-robot yang hendak mengambil alih dunia seperti pada film Terminator, dan lain-lain. Namun presepsi itu akan segera berubah jika Anda mengenal robot mainan kecil yang disebut Cozmo.

Dibuat oleh perusahaan bernama Anki, robot mainan Cozmo ini diklaim memiliki kecerdasan buatan yang sangat tinggi, bahkan ketika meluncur di pasaran itu akan menjadi robot mainan paling canggih yang pernah ada. Robot Cozmo sendiri memiliki dimensi seukuran telapak tangan orang dewasa dan memiliki empat roda dan lengan terhubung yang membuatnya sangat mirip dengan buldozer.

Lengan yang dimiliki oleh robot Cozmo dapat mengetuk, mendorong, dan menyusun balok-balok khusus yang disebut “smart blocks” dan akan tersedia bersama robot Cozmo. Keduanya akan hadir dan menciptakan permainan baru yang pastinya akan terasa berbeda.

Robot ini tak hanya berupa mainan kecil, namun juga dapat Anda jadikan sebagai peliharaan karena ia dapat mengenali seseorang, sehingga Cozmo bisa menjadi bagian dari keluarga Anda. Robot Cozmo ini memiliki kepala kotak dan dilengkapi dengan layar yang mengingatkan kita pada tabung CRT lawas.

Cozmo memiliki beberapa mimik muka dan akan berubah tergantung pada apa yang ia rasakan, di antaranya Senang, Marah, Kesal, Gila, Tertawa, dan masih banyak lagi. Ia akan menampilkan ekspresi gembira ketika berhasil menyusun balok dengan benar, dan akan kesal jika Anda merubuhkan balok yang telah ia susun.

Dengan ekspresi yang beragam, robot Cozmo cocok diajak bermain dengan keluaraga, dan ini lebih mirip berbicara dengan droid seperti yang ada pada film Star Wars. Meski Cozmo tidak dapat berbicara selayaknya robot lainnya, namun Cozmo dapat menyampaikan tanggapan dengan cara yang berbeda.

Anki sendiri merupakan sebuah perusahaan yang dibawa oleh para ahli di bidang teknik mesin, robotika, AI (kecerdasan buatan), vision komputer, animasi, dan desain suara. Kini mereka siap menghadirkan robot Cozmo yang diharapkan akan meluncur pada bulan Oktober 2016 di pasar Amerika Serikat. Satu hal yang menarik adalah, meski Cozmo robot yang cerdas, namun ia hanya dibanderol sebesar $180 (Rp2,4 juta). Tentu itu lebih mahal ketimbang robot droid Sphero BB-8, namun robot Cozmo menjanjikan kelebihan yang lebih banyak.


Sumber: Beritateknologi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image