Kabardewata.com

Teknologi

Layanan Virtual Assistant Milik Angkasa Pura Bernama Tasya

Kategori Teknologi, August 21, 2018, Dilihat sebanyak 77 kali, Post oleh Admin Kabardewata


PT Angkasa Pura (AP) II baru-baru ini meluncurkan layanan asisten virtual TASYA (Travel Assistance System Angkasa Pura II) yakni layanan chat berbasis kecerdasan buatan yang dapat membantu menjawab pertanyaan penumpang terkait bandara-bandara di bawah perusahaan ini.

TASYA diluncurkan tepat di hari jadi PT Angkasa Pura (AP) II ke-34 oleh Menteri BUMN, Rini Soemarsono, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi serta President Director Angkasa Pura II di tanggal 11 Agustus 2018.

Dilansir dari Kontan.co.id, President Director PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menyatakan dalam keterangan resminya, “Layanan Virtual Assistant TASYA merupakan alternatif lain bagi masyarakat untuk mengakses informasi mengenai bandara-bandara Angkasa Pura II,” kata Awaluddin, Kamis (16/8).

Peluncuran layanan TASYA ini merupakan kerja sama antara PT Angkasa Pura (AP) II dengan Botika. Botika adalah startup di bidang kecerdasan buatan dengan produk chatbot atau asisten chat pintar dengan Natural Language Processing (NLP) yang dapat memahami percakapan Bahasa Indonesia sehari-hari.

Melalui kerja sama ini, Botika secara berkala akan terus menambahkan fasilitas-fasilitas baru untuk TASYA yang berkaitan dengan layanan langsung bandara, seperti customer service, jadwal penerbangan, dan layanan pihak ke tiga seperti tiket pesawat, hotel, tur dan lain sebagainya.

TASYA saat ini telah tersedia dan dapat diakses melalui tiga platform media sosial diantaranya, Line: @angkasapura2, Facebook Messenger: https://facebook.com/airport138, Telegram: @angkasapura2Bot serta Mobile Apps resmi bandara http://bit.ly/IndonesiaAirports, Website resmi bandara: http://angkasapura2.co.id/, dan di seluruh kiosk – kiosk yang ada di bandara Soekarno Hatta.

Beberapa informasi yang dapat diperoleh melalui TASYA saat ini adalah informasi mengenai proses check-in, mulai dari check-in island hingga Boarding Gate, cukup dengan menuliskan flight number maka akan di dapat informasi mengenai fasilitas-fasilitas yang ada di bandara seperti tenant, prayer room, free charging spots, dan lain sebagainya.  

Selain itu TASYA juga memberikan informasi tentang berbagai event yang akan diselenggarakan di Indonesia dan juga seluruh channel Contact Center Angkasa Pura II yakni nomor telepon, e-mail, media sosial dan website korporasi. 


Sumber: teknologi.id

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image