Kabardewata.com

Sosial Budaya

Terkikisnya Rasa Nasionalisme

Kategori Sosial Budaya, March 28, 2016, Dilihat sebanyak 177 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Dengan diiringi guyuran hujan dan dalam suasana penuh duka pd tgl 15 Maret 2016 para pahlawan pembela Negara diantar menuju peristirahatan terakhir. Tapi mirisnya pemakaman ke 13 abdi negara yang gugur dalam kecelakaan helikopter di Poso tak ada satupun media elektronik yg menyiarkan secara ekslusif, kalaupun ada hanya sekedar headline.

Mungkin tak ada bayaran, mungkin kita tak bisa memberi nilai, dimana rasa nasionalisme kita terhadap para pejuang Negara, tapi percayalah pahlawanku kalian mempunyai rating bintang emas di mata Tuhan dan masyarakat Indonesia.

Mungkin kita semua tahu, keadaan ini berbanding terbalik dengan yang kita lihat di tv dimana setiap saat acara hingar bingar selebritis menikah, melahirkan,sampai gosip serta kasus yang terus terekspos berbulan-bulan dan ditayangkan secara ekslusif. Berdasarkan sinyalemen sejumlah kalangan, bahwa saat ini semangat nasionalisme mengalami kemunduran. Globalisasi memiliki dampak negatif yang luar biasa bila kita tidak mengantisipasi secara bersama sebagai warga Negara Indonesia. 

Para pendiri Bangsa Indonesia sangat menyadari bahwa Bangsa ini terbentuk berlandaskan persamaan nasib, persamaan sejarah, persamaan perjuangan, serta persamaan cita-cita yaitu hidup aman, adil dan makmur dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, berwawasan nasional, bukan berwawasan suku, ras dan bukan pula berwawasan agama atau golongan. 

Dalam konteks inilah semangat nasionalisme kita sangat perlu ditumbuhkan kembali dan harus dijunjung tinggi serta ditanamkan kepada seluruh komponen bangsa, baik generasi sekarang, terlebih kepada generasi penerus yang akan hidup dalam 
era globalisasi, agar mereka menyadari hakikat Bangsa Indonesia yang besar ini.  (Pendam IX/Udayana)


Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image