Kabardewata.com

Sosial Budaya

Jero Wacik Lirik Penggunaan Kotoran Ternak

Kategori Sosial Budaya, March 18, 2014, Dilihat sebanyak 190 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Jimbaran, Bali. Melihat kebutuhan energi Indonesia yang semakin meningkat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menjalankan trobosan baru dalam hal penciptaan sumber energi baru dan terbarukan. Khususnya untuk di Bali sendiri, Menteri ESDM, Jero Wacik memastikan, masih ada banyak hal yang bisa didalami dan diteliti dalam hal penyediaan sumber energi. Salah satu hal yang diliriknya yakni penggunaan kotoran ternak.

“Dagingnya bisa kita potong untuk dimakan, tulangnya bisa jadi patung, dan kulitnya bisa jadi tas. Nah, tai(kotoran)-nya diapakan? Tainya bisa jadi bio energi, bisa jadi bahan bakar,” ucap pria asal Batur ini disela kehadirannya menyaksikan Penandatangan Nota Kesepahaman antara Badan Litbang ESDM dan Badan Diklat ESDM dengan Universitas Udayana (Unud) di Gedung Auditorium Widya Sabha Unud, Bukit Jimbaran, Senin (17/3).

Jero Wacik terlihat sangat yakin mahasiswa Unud bisa melakukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini. Mengingat adanya Fakultas Peternakan yang dimiliki oleh Unud. “Jadi Tuhan sudah memberi kita ilmu kok, semua hal bisa berguna. Asal kita semua rukun,” singkatnya. Mengubah kotoran ternak menjadi biogas inipun, kata dia, sudah ada yang melakukan. Bahkan, orang yang melakukan ini telah mendapat penghargaan. “Maka tidak perlu lagi beli minyak tanah atau solar. Cukup dengan tai saja, sudah jadi energi,” tambahnya.

Inipun lanjut dia, sangat berkaitan dengan nota kesepahaman yang telah ditandatangani. Baik itu antara Unud dengan Badan Litbang ESDM, maupun dengan Badan Diklat ESDM. Dimana kesepahaman yang dilakukan dengan Badan Litbang lebih pada fungsi pengoptimalan kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi, sementara kesepahaman dengan Badan Diklat lebih menekankan pada penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan profesional di bidang energi dan sumber daya mineral. “Kami menyediakan beasiswa untuk para mahasiswa bagi yang mengambil sertifikasi bidang energi nanti setelah lulus,” imbuhnya


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image