Kabardewata.com

Entrepreneur

5 Inspirasi Bisnis Bagi Mahasiswa Yang Ingin Menjalankan Usaha

Kategori Entrepreneur, August 07, 2018, Dilihat sebanyak 30 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kesempatan besar akan selalu hadir di depan mata terutama mahasiswa. Mereka adalah orang orang yang sudah beranjak dewasa yang masih duduk di bangku kuliah. Dikatakan masih meminta kepada orang tua memang benar namun jika untuk menghasilkan uang maka sebenarnya bisa dilakukan. Mahasiswa mempunyai kesempatan yang besar untuk menjalankan bisnis. Hasilnya bisa dijadikan sebagai uang tambahan atau bahkan untuk memberi kepada orang tua. Banyak bisnis yang relevan untuk mahasiswa yang akan membuat bangga orang tua sekaligus menjadikan dirinya mempunyai pengalaman kerja yang nyata.\

Usaha Bagi Mahasiswa Yang Menguntungkan

Bagi mahasiswa yang mempunyai bakat dalam bidang bisnis ada banyak sekali peluang yang bisa dilakukan. Mempelajari teori saja di dalam kelas tidak akan membawa pada pengalaman yang menyenangkan sebagai aplikasi dari berbagai teori yang sudah dipelajari sebelumnya. Dan berikut ada beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan sambil berusaha untuk menyelesaikan dunia perkuliahan. Sehingga pada saat mendapatkan gelar maka usaha pun sudah berkembang dan tinggal dilanjutkan dengan lebih serius untuk menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

  1. Bisnis pulsa elektrik menjadi pilihan untuk sebagian mahasiswa karena selain sederhana, keuntungan yang didapatkan pun lumauan. Jika bisa mengelolanya dengan baik keuntungan bisa dimodalkan kembali sehingga akan ada banyal saldo yang bisa dijual kembali Jika konsisten dalam jangka panjang dijamin keuntungannya pun akan berkali kali lipat. Jika sudah bisa merekrut karyawan, tidak ada salahnya untuk membuka counter dan lain sebagainya sebagai sarana mengembangkan usaha menjadi lebih baik dan lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Orangtua pasti akan bangga melihat perkembangan ini.
  2. Berbisnis online shop bisa jadi pilijan selanjutnya dimana mahasiswa bisa menjual banyak barang dyang berbeda beda mulai dari fashion, makanan, berbagai peralatan dan lain sebagainya. promo bisa dilakukan dimana saja dan bisa dilakukan juga di dalam kampus kepada teman teman yang ingin membeli. Jika masih terkendala modal, dana bisa diperoleh dari pinjaman jangka pendek yang nantinya pembayaran akan dicicil dari penghasilan dan keuntungan berbisnis. Jika mendapatkan modal dari pinjaman maka harus lebih serius dalam menjalankan bisnisnya agar bisa melunasi pembayaran tanpa ketar ketir.
  3. Memberikan les private sebagai pelajaran tambahan bagi anak SD, SMP, dan SMA sesuai kemampuan dan bidang ilmu akan menjadi sebuah penghasilan tersendiri. Misalnya pelajaran biologi, kimia atau fisika. Bisa juga memberikan pelajaran yang bersifat umum seperti Bahasa Indonesia, bahasa inggris dan matematika. Keuntungannya bukan hanya mendapatkan penghasilan namun juga  menguasai materi yang akan diajarkan yang artinya proses belajar dilakukan juga oleh mahasiswa.
  4. Jasa pengetikan atau print yang umum terkait dengan tugas akan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan juga.  Beberapa orang mungkin tidak mempunyai waktu untuk mengetik tetapi ingin menyelesaikan tugasnya. Maka ini jadi kesempatan besar supaya bisa menghasilkan keuntungan apalagi jika mahasiwa mampu mengetik dengan baik. Printer pun bisa dimaksimalkan untuk membuka jasa percetakan tugas tugas dengan harga yang murah.
  5. Berjualan Snack. Bagi mahasiswa yang berada seharian di dalam kampus pasti akan merasa lapar. di sela sela pergantian mata kuliah maka bisa dimanfaatkan untuk berjualan makanan ringan atau minuman supaya bisa tetap berpenghasilan disaat sedang menjalani perkuliahan. Teman teman pun pasti akan ada banyak yang membeli karena ada yang merasa lapar atau ingin memakan sesuatu. Snack yang dijual bisa berupa makanan ringan, minuman, permen, dan kue kue kecil, donat, atau makanan tradisional yang enak dan terlihat menggugah selera.

Demikian lima usaha atau bisnis yang bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang ingin menjalankan usaha sambil mengerjakan kesibukan perkualiahan. Setelah kuliah sebenarnya ada banyak waktu luang yang bisa digunakan dan dimaksimalkan untuk bisa berbinis. Sekarang bukan hanya orang yang sudah lulus yang bisa melakukan pekerjaan karena mahasiswa pun bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal dengan memanfaatkan peluang dan potensi yang dimiliki. Semakin banyak yang digarap maka akan semakin besar keuntungan yang akan didapatkan oleh mahasiswa.
 


Sumber: koinworks.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image