Kabardewata.com

Sejarah Hari Ini

1973 - Kim Dae Jung Seoul diculik di Jepang

Kategori Sejarah Hari Ini, August 08, 2015, Dilihat sebanyak 141 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Korsel Keluarkan Laporan Soal Penculikan Kim Dae Jung Seoul. Laporan itu, yang dikeluarkan oleh suatu panel pemerintah yang berada di bawah dinas intelijen Korsel, mengatakan Presiden Korsel ketika itu, Park Chung Hee, memberikan sedikitnya "restu secara diam-diam" buat penculikan Kim, yang dilaporkan dilakukan oleh Badan Intelijen Pusat Korsel, kantor berita Yonhap melaporkan. Pemerintah Korea Selatan (Korsel), Rabu, mengeluarkan suatu laporan yang mengakui keterlibatannya dalam penculikan Kim Dae Jung, seorang politisi terkemuka yang kemudian menjadi presiden negara itu, dari sebuah hotel di Tokyo pada 1973.

Pada saat itu, Kim telah mengucilkan diri ke luar negeri menyusul pemilihan presiden pada 1971 ketika Park mengalahkan dia dengan kemenangan tipis. Kim diculik dari Hotel Grand Palace pada 8 Agustus 1973 dan dibawa dengan sebuah perahu, tapi kemudian dilepaskan di ibukota Korsel lima hari kemudian.

Di kamar hotel Kim, terdapat sidik jari Kim Dong Woon, sekretaris pertama Kedutaan Korsel di Jepang, ditemukan oleh polisi Jepang, yang meningkatkan kecurigaan keterlibatan dinas intelijen tersebut. Kim kemudian menjadi presiden Korsel dari 1998 hingga 2003.

Komite pemerintah itu dibentuk "untuk memeriksa kasus lama tersebut."

Korsel Keluarkan Laporan Soal Penculikan Kim Dae Jung Copyright Antara News 2007, Penulis Bambang, Oktober 2007.


Sumber: berita.ohapa

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image