Kabardewata.com

Sejarah Hari Ini

1960 - Pantai Gading merdeka

Kategori Sejarah Hari Ini, August 07, 2015, Dilihat sebanyak 154 kali, Post oleh Rusadi Nata


[Peristiwa hari ini] - Pantai Gading (Côte d'Ivoire) adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah barat, utara dan timur serta dengan Teluk Guinea di sebelah selatan. Sebagai salah satu negara termakmur di wilayah tropis Afrika Barat, perkembangan ekonominya telah dikikis oleh kekacauan politik yang ditimbulkan oleh korupsi dan penolakan reformasi

Nama negara ini sering diterjemahkan dalam berbagai bahasa, misalnya Ivory Coast dalam bahasa Inggris, Elfenbeinküste dalam bahasa Jerman dan Costa de Marfil dalam bahasa Spanyol. Pada bulan Oktober 1985 pemerintah Côte d'Ivoire memohon agar negara ini disebut demikian dalam semua bahasa. Menurut hukum nasional Côte d'Ivoire, nama negara ini tidak boleh diterjemahkan dari bahasa Prancis.

 

Ekonomi

Ekonomi Utama Pantai Gading berasal dari agrikultur terutama Cokelat, dimana Pantai Gading merupakan negara penghasil dan pengekspor cokelat terbesar di dunia. Perkebunan Cokelat di Negara ini banyak sekali menyerap tenaga kerja dari negara - negara tetangga seperti Ghana, Liberia, Sierra Leone, Guinea, Senegal, Guinea - Bissau, Cape Verde, Nigeria, Benin, dan Togo. Selain Cokelat, hasil utama pertanian di Pantai Gading adalah Kopi, Karet, Tebu, Kelapa, dan Kelapa Sawit.


Sumber: wikipedia

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image