Kabardewata.com

Cerita Bersambung

Preman vs Pocong Bag. 4

Kategori Cerita Bersambung, October 07, 2015, Dilihat sebanyak 285 kali, Post oleh Rusadi Nata


Perjalanan ke rumah aki dukun yang seharusnya membutuhkan waktu sekitar setengah jam, harus kami lalui selama hampir 2 jam. Teror si Saropah serasa tak henti-hentinya. Bang Jono yang gue kira berani ternyata sama aja dengan si Udin, setali 3 pocong juga sama gue. Malam itu kami masih terjebak di TPU, jalan setapak yang menghubungkan ke jalan utama terasa begitu panjang dan jauh. Mata gue nyalang menyapu tiap sudut-sudut makam. Sesekali Udin mendahului jalan gue, sesekali merapat ke bang Jono. Kentara sekali kalo si Udin bener2 ketakutan.

" Buruan Din, rada cepet jalannya " gue ngedorong badan Udin yang waktu itu jalan tepat di depan gue

" Lah situ kan yang punya hajat, Man. Aku kan cuman angka ikut " tolak Udin halus

Gue lirik bang Jono yang sedari tadi tegang. Gue nyadar sebenernya muka bang Jono sangar, tapi kenapa gue kagak ada takut-takutnya sama sekali.

" Masih jauh kagak Man ? " tanya bang Jono

" Bentar lagi juga nyampe bang " jawab gue

" Eh Man, gue kebelet kencing. Kira2 si Saropah ngintip kagak ya ? " tanya Jono bego, gue mikir bentar ... lalu ngegeleng.

' Ya udah. Lu tungguin gue! " bang Jono memilih tempat di dekat pohon beringin besar. Gue ma Udin nungguin dari kejauhan.

Tiba-tiba telinga gue ngedenger sesuatu. Gue tengokin muka ke belakang.

" Lu denger kagak Din " gue setengah berbisik kearah Udin.

" Ah, please dong ... jangan nakut-nakutin aku Man " rengek Udin seraya merapat kearah badan gue. Kami bedua tegang, sementara bang Jono belum juga balik. Gue pertajam pendengaran, beneran gue kagak salah ...

" Parmaaaannnn ... balikin tali pocongku " suara itu sangat gue kenal

" Din, su .. suu .. suuaaraa itu Din " badan gue menggigil

" Suara apa'an sih Man ? " tanya Udin nyante. Kening gue mengkerut, heran ... masa' telinga gue yang parno.Gue putar pandangan, super curiga gue liatin satu-persatu pohon di sekitaran gue. Tepat disalah satu pohon, pandangan gue brenti. Sekali lagi gue pertajam penglihatan gue. Ada perempuan berambut panjang yang lagi berayun di salah satu cabang pohon. Masih belum yakin, gue kerjap-kerjapin mata. Gue puter bola mata gue, keatas ... kebawah ... kekiri ... kekanan .... finish ke tuh pohon. Alamak, perempuan berambut panjang itu sudah kagak ada di tempatnya ... kemana perginya ?

" Parmaaaaannnn .... hihihihiiiii .... "suara itu kembali memanggil

Badan gue menggigil, panas dingin. Gue lirik si Udin ... masih ada di tempatnya. Ngejogrok tepat diatas nisan. Badannya yang bulet kayak buntelan terlihat seperti seonggok karung beras di mata gue. Gue semakin gelisah, kenapa Udin nyante ... apa si Udin nggak denger ?. Gue kalut, grogi ... panik, ditambah lagi bang Jono belum balik2. Perasaan udah hampir seperempat jam dia pamitan pipis. Jangan-jangan bang Jono kesasar, Jangan-jangan bang Jono di bawa kuntilanak , jangan-jangan bang Jono malakin penghuni kuburan sini ? .... otak gue semakin kacau. Tiba-tiba pandangan gue tertambat pada nisan yang di dudukin si Udin. Jantung gue berdetak semakin cepat, gue baca tulisan di nisan itu

~ Saropah binti Khambali, Jum'at kliwon ~

" Ddiiidd ... ddiiinn ..., lliiii ... lliiaatt yang lu dudukin tuh Din ! " tangan gue nunjuk2 kearah nisan, Udin bengong.

" Ada apa sih kamu Man ? kog kayak orang kesurupan ? " Udin masih belum nyadar

" Iiitt .. ituuu yang lu dudukin, rumahnya si Saropah " jelas gue dengan suara yang semakin berat dan gemetar. Kaget, Udin nengok ke nisan yang sedang dia tongkrongin. Beberapa menit Udin terdiam, lalu ....'

" Pooo ... pppoooo .... ppppooooooooooo ....cccoonnggg ... mmmmmmmaaaaaakkkkkkk­­­kk .... " Tunggang langgang Udin terbirit-birit.. kakinya yang pendek nyempar-nyempar nisan yang lain ... gedebuk, jumpalitan gue liat larinya si Udin dari tempat gue terbengong-bengong, yaπƍ pasti dia gak nyungsep2 lagi atau nyebut got kayak malam2 kemaren. Agaknya si Udin udah terlatih lari dengan sendirinya ... gue melongo. Perasaan, yang ada nisan si Saropah, kagak ada pocongnya ?. Hitungan detik, si Udin udah hilang dari pandangan mata gue. Ngilang, entah kemana. Tinggal gue sendirian di tengah makam seluas itu. Nyesel, kenapa tadi gue ngasih tau si Udin, kalo hasilnya dia bakalan ninggalin gue tanpa kata-kata perpisahan ? Apa yang musti gue lakukan sementara bang Jono juga belum kembali ?

Beruntung, sekian menit kemudian bang Jono datang. Sedikit lega, karena gue ngliat bang Jono kagak datang sendirian ... ada Udin ngikut di belakangnya. Pasti saat lari tadi si Udin papasan ma bang Jono, lalu ngikut bang Jono balik buat ngejemput gue.

" Buruan Man, lanjutin jalan ! kagak nyangka si Udin setia, pake nyusul2 segala " ujar bang Jono, gue ngikut. Tak lama, gue ma kawan-kawan berhasil keluar dari areal makam tanpa ada gangguan yang berarti. Tapi gue heran ... sepanjang perjalanan tadi gue nglihat si Udin diem terus, kepalanya terus-terusan menunduk dan memilih jalan paling belakang. Sama sekali kagak bersuara. Ada apa gerangan dengan Udin ?? ... aneh.

" Lu kenapa Din ? " tanya gue penasaran, tapi Udin kagak ngejawab. Tetep diem, ngelirikpun kagak.

" Takut mungkin Man " kali ini bang Jono yang ngejawab

" Tumben aneh sikapnya bang " protes gue, bang Jono menghentikan langkahnya ... lalu nengok kearah Udin.

" Buruan Din, lu jalannya lelet ... ! " bang Jono narik2 tangan Udin

Tapi ....

Kagak salah nih ? .. gue nglihat bukan Udin yang di tarik bang Jono ... Gue ngucek-ngucek mata ... berusaha memandang sekali lagi sosok yang ada di belakang bang Jono ... hhhaaahh, beneran itu bukan Udin tapi seiket pocong. Agaknya bang Jono juga tau ... bahwa itu bukan lagi Udin

" Haaaahh ... Maaaann ... si Udin jadi bencong Maaaannnnn ..... aaaaarrrggghhhh " nggak nyadar, Jono salah nyebut. Gue baru tau ternyata bang Jono juga takut ma bencong ... Gak nyangka. Semburat gue ma bang Jono kabur, lari nggak karuan ... kami terpisah. Gue ke jalan utama ... Bang Jono ... balik masuk makam ( Nah loh )

Alhamdulillah, dengan susah payah gue nyampe rumah. Gue kagak tau gimana nasib Udin dan bang Jono. Yang pasti keesokan harinya mereka bedua ditemuin pingsan di areal makam lalu di anterin pulang ke rumah gue.

Malam berikutnya ...

Kejadian semalam ternyata nggak bikin bang Jono dan Udin kapok. Gue mpe terharu karena bang Jono masih mau bertahan tinggal di kampung gue. Kami sepakat untuk ngehadapin pocong si Saropah.

" Lu yakin bang ? " tanya gue rada ragu

" Man, gue emang preman ... tapi gue preman yang punya perasaan. Gue tau kesulitan lu ... " kata bang Jono ngejelasin.

" gimana dengan lu Din , masih mau ngebantuin si Parman ? " tanya bang Jono ke Udin, rada ragu2 Udin ngangguk. Gue semakin terharu, beruntung gue punya temen seperti mereka.
Pokok dari kesepakatan hari itu, kami akan menghadapi arwah si Saropah, gimanapun takutnya kami. Sore menjelang, sambil nongkrong di balai2 bambu, kami mikirin cara ngalahin pocong itu untuk sementara waktu, tanpa bantuan aki dukun.

Jono emang punya modal tampang pemberani. Badannya kekar, kumisnya kayak orang buyaran misbar. Mukanya rada ancur,kabarnya sih ... Dulu pernah kegencet pintu saat Enyaknya ngamuk2 karena ulah Jono yaπƍ kelewatan ... Saat ngamuk, Enyaknya nutup pintu tanpa tengok kanan, tengok kiri, tengok muka Jono dulu, yaπƍ lagi disandarin di sisi pintu. Alhasil, begitulah muka si Jono ... Remek. Bener2 keterlaluan kali kebandelan si Jono mpe Enyaknya kalap begitu. 

" Eh, Man ... Gue mau nyari rokok dulu bareng si Udin, kebetulan Udin juga mau ke warung " sapaan bang Jono ngagetin lamunan gue, hari mulai terlihat gelap

" Jangan lama2 bang, gue kagak mau nunggu pocong Saropah ndirian " rengek gue, Jono pun ngangguk. Tau2 emak gue nongol dari dalam rumah, mungkin mau nitip sesuatu begitu ngedenger Udin akan ke warung.
" Emak nitip obat nyamuk bakar ya le " bang Jono ngangguk lantas beranjak pergi. Sementara gue tetep duduk2 nyante di balai2 depan teras rumah

Setengah jam kemudian, lagi asyik2nya nikmatin singkong rebus, datanglah si Udin dengan tergopoh-gopoh. Mimik mukanya tegang, pucat ... Saking tergopohnya mpe kaki Udin kesrimpet-srimpet sarungnya yaπƍ sedikit kegedean
" Man ... Bang Jono ... Bang Jono ngilang " Udin mencak2

" Mang knpa si Jono Din ? Obat nyamuk bakar titipanku nggak hancur kan Din ? " tanya Emak

Gue keselek singkong, Udin kesrimpet sarung, Emak yaπƍ mendelik. Nih Emak kog aneh, bukannya ngawatirin bang Jono, eeh malah ngawatirin obat nyamuk titipannya

" Bang Jono ilang mak, di culik arwahnya si Saropah " jelas Udin
Gue keselek lagi, Udin gak lagi kesrimpet sarung. Mungkin saking beribetnya, Udin terpaksa nglepas sarungnya tanpa sadar. Tinggal pake kolor doang 

" Haaahhh " emak kaget
" Heeeh, yaπƍ bener lu Din " gue panik, Udin ngangguk
" Yuk ... Din, sekalian kita cari bantuan pak Ustad " kata gue nggak sabaran
" Eeehh tunggu bentar " Emak ikutan panik
" Sekalian bawain puĬang obat nyamuk bakar pesanan Emak, ingat jangan nyampe ancur ya ! "
Diiieeenggg ...


Sumber: Dee Vaajjhalah Ga'pakeAmor

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image