Kabardewata.com

Cerita Bersambung

Preman vs Pocong Bag. 3

Kategori Cerita Bersambung, October 06, 2015, Dilihat sebanyak 301 kali, Post oleh Rusadi Nata


Teror hantu si Saropah, bener2 keterlaluan. Tanpa mengenal waktu, bahkan tempat. Itu yaπƍ bikin gue ngambil keputusan buat ngembaliin tali pocong miliknya. Dengan bantuan ki dukun, gue berniat nglakuin ritualnya. Gue sadar bahwa jalan sesat yaπƍ gue ambil ternyata menyengsarakan hidup gue.

Dingin angin, menusuk hingga menembus tulang. Gue nyeruput kopi sembari duduk di balai-balai bambu sederhana warisan bapak. Seperti hari-hari sebelumnya, gue nggak pernah lupa nyicipin singkong rebus bikinan emak. Malam ini gue ma Udin janjian mau ke rumah aki dukun. Sejak kejadian heboh 2 malam yang lalu, terpaksa dengan berat hati gue nyeritain ikhwal munculnya hantu si Saropah. Udin sempat nggak percaya, beruntung setelah gue jelasin jika gue mau insap, si Udin langsung manggut-manggut kagak ngerti.

" Man, kamu jadi nggak kerumah aki dukun ? " Sapaan Udin tiba-tiba ngagetin lamunan gue. Pake ngegebuk punggung lagi. Pingin aja ngebales ngegebuk dia balik .... bukan di punggungnya, tapi tepat di jidatnya yaπƍ seluas pantat penggorengan

" ya jadilah, masa' gue mau terus2an di ikutin hantunya si Saropah ? Mang gue cowok apa'an ? " jawab gue sedikit melengos

" Ya udah sana, cepetan ganti sarung kamu ma celana yang rapi ! " Perintah Udin

" Mang mau kondangan ? pake ganti baju rapi segala ? " omel gue sambil beringsut masuk ke dalam rumah

Seperti yang di rencanakan sebelumnya, bedua kami menuju rumah ki dukun. Jarak antara rumah gue ma rumah tuh dukun lumayan jauh. Melewati hutan jati, sawah, semak belukar plus kuburan ... lengkap sudah. Sedang enak-enaknya jalan, dari kejauhan terlihat cahaya lampu motor. Semakin lama semakin dekat kearah gue ... Pengendaranya berboncengan. Gue amat2in, sepertinya gue mengenal salah satu dari mereka.

" Eh, lu bang Jono kan ? " sapa gue sambil nyoba ngehentikan laju motor itu. Pengendara itu langsung brenti, ternyata betul dia Jono.

" Woe Man, ketemu juga akhirnya lu. Gue dah dari tadi muter2 nyariin lu, untung ada tukang ojek yang tau tempat lu. Eh, lu-lu pada mau kemana nih? Kog jalan beduaan malam2 gini " ujar Jono sambil nepuk2 bahu gue. Jono jauh2 datang dari Jakarta dengan harapan bisa nemuin ki dukun agar bisa ngasih dia jimat kebal. Polos, gue ceritain resikonya. Gue nyuruh Jono agar ngurungkan niatnya. Udinpun nggak lupa angkat bicara tentang munculnya pocong si Saropah. Beruntung Jono paham dan ngerti. Akhirnya karena terlanjur ke desa gue, si Jono maksa ngikut ke rumah ki dukun. Jono pingin dapet penjelasan langsung dari mulut ki dukun sendiri. Setelah ngenalin Jono ke Udin dan ngebayar ongkos ojek, bertiga kami langsung nglanjutin perjalanan. Suasana desa yang gelap betul2 bikin bulu kuduk merinding.

Setengah perjalanan, kami ngelewatin kebun pisang dan bambu milik Zahir. Gue emang ngambil jalan pintas agar gue bisa cepet2 nyampe di tempat ki dukun.

Tiba-tiba ada sesuatu yang nabrakin gue ... 
Brrruuaakkkk ...

Reflek gue lompat, Udin dan Jono berpelukan, saking kagetnya. Gue ngerti, mungkin Jono terbawa dengan cerita gue tentang pocong Saropah. Belum sempet ngliat apa yang nabrakin gue, tau-tau terdengar suara cekikikan

" Xixixiixixiixiiiii ... kikikikkkikikkikikii­­­­ikk ... " pohon bambu yang tadinya berdiri gagah, langsung roboh begitu ngedenger suara itu. Tepat di hadapan kami betiga. Gue ngejingkrak kaget. Bulu kuduk gue merinding, Jono nyenggol2 tangan gue

" Man, ada apa ? kenapa lu diem? " tanya Jono penasaran. Gue, mandeng Jono, trus mandeng Udin. Wajah gue serasa memucat. Dibawah remang2 cahaya bulan, gue ngliat di belakang mereka ada pocong si Saropah. Muka tuh pocong merah menyala, matanya melotot kejam, nggak Åđӑ ekspresi belas kasihan samasekali ... tapi yang gue heranin, kenapa Jono ma Udin nggak ngerasa sama sekali jika di belakang mereka ada buntelan pepesan ? yang gue bisa lakuin cuman ngasih bahasa isyarat tanpa bisa berkata-kata. Sumpah gue ngeri, gue shock, gue kaku .... Nggak tahan ma pemandangan mengerikan, sontak gue ngasih aba2 ke mereka bedua ...

" Laaa ... laa ... lari bangggg ... " Tancap kaki, gue kabur ... Disusul Udin dan Jono ngikut lari tanpa tau âpâ sebabnya

" Jiiiaaaaahhhhh ...... " Histeris mereka tereak bebarengan. Sekali lagi, si Udin lari paling kenceng ... baris ke dua gue ... lalu nyusul bang Jono ... ntah si Saropah ngedudukin urutan ke berapa, gue nggak mau repot2 mikirnya.

Setelah sekian meter kami berlari ....

" Brenti dulu bang, Din. Gue capek banget .. coba lu liat Din, si Saropah masih ngejar pa nggak ? " tanya gue sambil ngos-ngos'an.

" Kayaknya udah nggak, Man " jawab si Udin

" Mang lu dah ngliat ? " sahut Jono

" belum " kata si Udin singkat. Gue ngejeduk kepala Udin sambil mendelik kalut. Tanpa sadar, gue berlari ke arah yang salah. Jalan yang gue lalui adalah jalan menuju pemakaman umum desa. Mau balik, gue takut si pocong nyanggong. Jono dan Udin pun kagak mau diajak muter lagi ke jalan tadi. Terpaksa gue ma mereka bedua mau nggak mau harus nglewatin jalan setapak makam yang menghubungkan ke jalan utama yang sebelumnya tadi kami lewatin.

" Hanya ada satu jalan untuk kita bisa keluar dan balik kerumah. kita lewat makan itu " gue menunjuk kearah sebuah makam.

" Tapi Man, tuh makam tempat Saropah di kuburin " Udin begidik ngeri

" Lah mending kan nglewatin rumahnya, si saropah kan lagi kelayapan di luar sono " bentak gue ngasih alasan

Akhirnya Jono ma Udin setuju. Pas di depan makam, ada keraguan di hati gue. Takut bercampur ngeri nglihat kondisi makam yang gelap gulita. Segala macam bayangan berkecamuk di pikiran gue. Jangan2 si Kunthi nongol, jangan2 si gondoruwo lagi kebagian jadwal ngeronda ... jangan2 pak RT kesurupan ... ( nah loh )

" Woe, lu aja yang di depan Din " kata gue ketus pada si Udin, sambil berpindah posisi dibelakang Jono. Udin mendelik, kepalanya menggeleng kuat.

" Bang Jono kan, ketua preman " Udin balik menuduh kearah Jono, giliran Jono yang mendelik sebel. Mau nggak mau, Jono harus nurut jalan paling depan. Dia pasti malu ma gue kalo sampe di tuduh penakut.

" Ok, gue duluan, lu paling ekor Din .. biar Parman ditengah. Lewat makam gini aja, masa' kagak ada yang berani. Dasar kupret lu-lu pade " Jono berjalan pelan, kakinya mengendap-endap persis maling jemuran. Jarak 200meter masih aman. 300meter nambah aman. Jalan kami tak lagi mengendap-endap kayak tadi .. lebih nyante.

" Tuh kan, apa gue bilang ? nih makam kagak ada angker2nya sama sekali , dasar mental kalian aja yang penakut. Kagak salah kalo gue jadi preman paling ditakutin di kota " cerocos Jono memecah keheningan malam.

" Bukannya gue takut bang, kita cuman nyadar kalo pemimpin tuh tempatnya di depan. Ntar kalo ada apa2 ma abang, kan kita bisa ngasih tau duluan " gue ngerayu.

Sekian menit berjalan, entah kenapa tiba2 bulu kuduk gue berdiri. Tiupan angin malam kian memperburuk suasana hati.

" Perasaan gue kog nggak enak ya bang ? nih pasti ada yang lagi ngamat-ngamatin kita. paling tidak penghuni makam ini " gue curhat

" Banyak bacot lu ah, udah sono cepetan jalan. Masa preman takut ma setan ? mpe segede gini gue kagak pernah takut ma yang namanya setan. Harusnya kalian niru sifat gue donk " nasehat Jono panjang lebar

" Tapi beneran bang, aku juga ngrasa merinding " timpal Udin meyakinkan

" Diem lu pade " bentak Jono nutupin ketakutannya. Kami diem, suasana hening sejenak. yang terdengar hanya suara langkah kaki kami yang menginjak ranting2 kering serta suara hewan malam.
Hingga ...
" Man, brenti dulu ! " suara Udin terdengar tegang

" Mang ada apa Din ? " tanya Jono tanpa menoleh, gue pun nggak berani menoleh kearah Udin

" Ada yang megangin bajuku " kali ini suara Udin rada gemetaran, gue yang tadinya berani .. reflek ikutan gemetaran.

" Lu tengokin sapa yang narik2 baju lu Din " perintah Jono masih tanpa menoleh

" Abang aja yang nengokin.. aa .. aku takut " semakin gemetar suara Udin

" Bukannya lu bagian ngejagain ekor " sahut Jono ngamuk.

" Parr .. parrman aja yang nengokin " Udin balik nyuruh gue, jujur gue mendelik kaget

" Mang bang Jono takut ? Lu juga takut Din? apalagi gue ....siapa yang nyebarin fitnah kalo gue pemberani ? " tanya gue nggak kalah frustasinya

" Parmaaannnnn ... tengokin " gertak Jono dengan nada tinggi

Busyet rasa takut gue ke Jono ngalah2in rasa takut gue ke setan.
" Iii ...iiya bang " gue nyerah. Perlahan, gue malingkan muka. Terpaksa gue nengok ke belakang dengan mata merem, seraya ngeluarin pertanyaan
" Siapa disitu! Bencong apa pocong? " sekian detik taķ ada sahutan. Gelap, tak terlihat apa2. Hanya ađa suara2 binatang malam di tengah kegelapan makam ...

" Aaa .. Aaa .. Âpa'an itu " masih dengan mata terpejam gue ngejerit histeris
" Hwaaaaa...aahh laarriiii ..... " Udin nambahin jeritan malam. Lalu ambil langkah seribu. Jono tak kalah kenceng jeritannya .. sama seperti Udin, dia langsung lari kesetanan

" Aaaaaaarrrggghhh ... Hantuuu ... Poccooonggg " Jono kalang kabut, lari mpe nabrak2 pohon beringin segala ... Gue bingung, sedikit lambat gue lari. Harusnya gue yang kabur duluan. Karena gue yang nanya dan histeris. Perasaan, tadi gue belon liat apapun. Saking kencengnya mereka lari di tengah kegelapan makam, kaki mereka mpe kesandung-sandung nisan. Jatoh, jumpalitan ... jatoh lagi .. nyungsep... bangun lagi trus salto barengan dengan posisi saling bertumpukan. Gue yang lari paling belakangan, kaget ngliat kecelakaan beruntun itu, telat gue ngehindar. Ditambah lagi kaki gue yang nyandung ranting kering

Brrruukkk ... gedebuukk ...

Badan gue nyangsang diatas tumpukan badan mereka, empuk. Jono ngejerit hebat, Udin apalagi ... Karena emang dia berada ditumpukan paling bawah.

" Hadoocchh sάkit !!... Buruan bangun, jangan kelamaan diatas badan gue '' pekik Jono kesakitan, gue pun lantas bangun.
Bang Jono ngebersihin debu2 yaπƍ nempel di bajunya akibat terjatoh tadi
" Mang apa'an yang lu liat barusan, Man? " tanya Jono

" Iya, apa'an Man ? " imbuh Udin

Gue ngerjap-ngerjapin mata berfikir sebentar

" Gue liat mukanya si Udin " Jawab gue jujur

" Lah trus setannya di sebelah mana ? " Jono penasaran, gue nundukin kepala lalu menggeleng kuat.

" Gue cuman ngliat mukanya si Udin bang, trus gue kira ada genderuwo di belakang gue "

Buuuuggkkk .... muka gue langsung kena gampar bang Jono.
'' Trus ngapain Udin tereak kenceng tadi ? '' Kali ini Jono nanya ke Udin 
'' Łaķ kira yg narik bajuku Saropah bang, nggak taunya nyangkut di ranting pohon kamboja '' ujar Udin dengan mimik wajah ketakutan
" Aarghh ... bikin panik aja kalian " gerutu Jono mangkel
" Tapi abang kan tadi ikutan tereak " protes gue geram
" Iya " imbuh Udin membenarkan.
" Malah abang lari duluan ... " protes gue rada sewot
" Iya " sahut Udin lagi
" Katanya berani, tapi kaburnya ... " gue ngelirik Udin, tanpa berani nerusin kalimat
" Kaburnya kenapa haaah ? " desak Jono
" Kaburnya paling kenceng
... " lanjut Udin tanpa rasa penyesalan
Guubbrraaakkk ...

*** Gimana nasib mereka selanjutnya? Apakah mereka biS̅a nyampe ke rumah aki dukun dengan selamat ? Tunggu jawabannya di 


Sumber: Dee Vaajjhalah Ga'pakeAmor

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image