Kabardewata.com

Cerita Bersambung

Preman vs Pocong Bag. 2

Kategori Cerita Bersambung, October 05, 2015, Dilihat sebanyak 279 kali, Post oleh Rusadi Nata


Persiapan balik ke kota ....

Jangan pernah nanya bagaimana gue bisa jadi seorang preman, jujur semua karena terpaksa. kehidupan ibukota yang kejam buat gue nekad ambil jalan pintas. Kalo diliat secara fisik, gue emang nggak pantes jadi preman. di bandingkan ma Jono bos preman, gue lebih tepat di sebut sebagai pelengkap preman. Bang Jono lebih sangar, mukanya terlihat bengis dan kejam, badannya gempal tinggi gede .... tapi buat gue ... lebih menakutkan hantunya si Saropah ketimbang muka bang Jono. Kemanapun bang Jono jalan, orang2 selalu memandang takut kearahnya. Sementara gue, nggak ada serem2nya sama sekali. Badan gue tinggi kerempeng, muka gue ganteng, kulit gue dikit bersih nggak item kelem dan rambut gue .... ala Olga.

Pernah gue nyoba jalan sesangar mungkin, badan ... gue tegep-tegepin, setegep mungkin. Perut ... gue busungin, sebusung mungkin. Terbukti, orang2 pada takut ngliat gue. Mereka nunduk ... tapi anehnya, mereka nunduk sambil senyum2. Usut punya usut ... mereka ketawa karna gue salah make sendal enyaknya Jono...

Itulah alasan kenapa gue harus balik ke kampung, gue harus punya jimat .. punya pegangan. Gue nyuri tali pocong, akibatnya gue harus berhadapan dengan si empunya tali ntu. Untuk menghindari teror, gue mutusin harus cepet2 balik ke kota. Selepas adzan maghrib gue kemasin semua baju2 alakadarnya ke tas, tak lupa gue bawa kotak kecil tempat gue nyimpen tali pocong si Saropah. Setelah selesai semuanya, sambil ngabisin malam iseng2 gue ngelayap ke pos ronda. Nyampe di pos, orang2 yang kena giliran jaga kampung dah pada kumpul. Ada sekitar 4 orang yang kebagian jadwal malam hari itu. Hawa dingin serasa menusuk tulang. Untuk menghindari dingin, gue naikin sarung hingga sebatas bahu .. lumayan sedikit menghangatkan.

" Tumben nongol Man " sapa Udin salah satu pemuda desa

" Sepi di rumah, emak dah tidur dari sore tadi " jawab gue sekenanya

" Mending disini, ntar di rumah sendirian malah di apelin hantunya si Saropah " Sahut Surip

" Ah, gue nggak takut ma yang namanya hantu. Takhayul tuh " pura2 gue nggak tau menahu soal hantu si Saropah, padahal dalam hati gue ngedumel ... tiap hari tuh hantu nemuin gue, nggak pake acara janjian dulu.

" Alllaaa ... baru beberapa bulan di kota aja, dah ganti bahasa kamu Man, haaaahaaa " Zahir protes, sementara gue melengos sebel
Akhir kata mereka diem, gue juga diem. Yang terdengar cuman suara kodok yang bersahut-sahutan. Tiba2 angin berhembus kencang, dahan2 pohon bergoyang. Malam kian mencekam, gue semakin merapatkan sarung. Bayangan tentang pocong Saropah langsung melintas. Ah ... tapi mana mungkin pocong itu berani nongol kalo lagi rame2 begini, pikir gue dalam hati.

" Eh kita bertiga maw keliling dulu, Din .. Man,temenin Udin jaga pos ya! " kali ini Samsul berujar. Udin manggut2 mengizinkan. Jujur sebenernya gue nggak ikhlas di tinggalin bedua aja ma si Udin. Karna gue tau, Udin orangnya penakut.

" Hati2 ada Saropah " goda Zahir, Udin melotot .. gue apalagi

Di pos tinggal gue ma Udin, malam semakin larut. Suasana semakin aneh, Udin merapat kearah gue.

" Kamu ngrasain sesuatu nggak Man ? " kata Udin, gue menggeleng. Udin semakin merapat.

" Aku takut Man, mending aku ikutan mereka keliling " celoteh Udin lagi.

" Lah trus gue ma siapa Din ? Lu diem aja disiñi ! " protes gue teges. Untungnya Udin nurut. Sekian detik kami diem, tiba-tiba di bawah balai-balai pos ada kucing hitam. Gue curiga ma tuh kucing, ngapain malam2 gini dia ikutan ngronda. Gue usir2 tuh kucing, tapi bukannya minggat ... tuh kucing malah semakin mendekat kearah kaki gue. Sebel, gue sempar tuh kucing ...

tapi aneh, tuh kucing jadi membesar. Semakin besar, semakin tinggi ....

" Po ... pooo ... pooocccooonnggg ... hantuuuu ... setannn ... Zahiiirr, Suriiipp .. Satpollllll .... tolooonnngg " seketika gue tereak2 nggak karuan. Udin terkaget-keget, lalu ikutan tereak kesetanan.

" Saa ... Saarroopppaahhhh ... Saropaah jadi pocoooonng " Udin melompat dari balai-balai, trus ambil langkah seribu. Gue pun ngikut jejak si Udin . Herannya, Sekenceng-kencengnya­ gue lari ... Udin malah lebih kenceng. Suasana semakin heboh tatkala tuh pocong ngikutin gue. Udin paling depan, gue bareng pocongnya. Semakin gue bernapsu lari, tuh pocong malah semakin sejajar ma gue. Gue panik, bener2 panik kali ini. Gue berusaha nyalip udin. Aneh, si Udin cepet banget ... perasaan kaki gue lebih panjang ketimbang kaki Udin. Sementara badan Udin bulet gendut, diliat-liat bentuk body'nya nggak jauh beda ma buntelan sprei. Gue ketinggalan jauh dari si Udin ... Padahal gue tau, larinya si Udin teramat membabi buta. Jatoh bangun dia terbirit-birit. Lari, gedebuk nyungsep ... Berdiri lagi, nglanjutin lari trus jumpalitan bahkan mpe salto2 segala ... Terakhir ... gue sempet liat si Udin nyebur got. ntah gimana nasibnya lari dengan badan belepotan di penuhin lumpur got.

" Tunggu Diiiiinnn ... jangan tinggalin gue " sungguh gue panik, mana ada preman takut ma hantu. Nah loh, gue mulai berfikir normal. Benar, mana ada preman takut ma hantu pocong ? .... Reflek gue ngurangi kecepatan lari gue, emang dah seharusnya gue ngadepin hantu si Saropah ... gue nggak boleh takut. Masih dengan nafas ngos-ngos'an, gue nyoba nata nyali ... Lalu brenti. Gue berusaha nyari-nyari pocong tadi. Hilang, entah kemana pocong yang tadi ngikutin gue. Sementara si Udin ... udah lenyap dari tadi saking ngerinya ketemu si Saropah.

" Kemana lu Cong ? " tereak gue nantang. Hening, nggak ada apa2 di sekitaran gue.

" Lu nyari tali kan ? " tetep nggak ada jawaban. Aneh, kemana tuh pocong ? fikir gue. Mpe 5 menit, tuh pocong nggak ada nongol. Heran, masa dia takut ma tampang gue ... ? Penasaran, gue langsung cabut. Tujuan gue kali ini harus ke Dukun tempat gue minta jimat.

Selang beberapa lama, akhirnya gue nyampe di tempat dukun itu. Rumahnya seram, agak berbau mistis. Takut2 berani, gue ketuk pintunya. Tak lama keluarlah dukun yang gue maksud, sambil terbatuk-batuk tuh dukun mempersilahkan gue masuk dan duduk. Tanpa di kurangi dan di lebihi, gue bercerita panjang lebar tentang pocong si Saropah. Aki tua itu terkekek, sambil mengelus-ngelus jenggotnya yang panjang.

" Masih 3 hari kamu sudah di bikin repot. Padahal,ada 37 hari lagi yang belum kamu lewati " gue mendelik kaget

" haaahh ... total 41 hari gue mesti kena teror ma pemilik tali itu ki ? " Dukun itu manggut-manggut, gue semakin shock.

" Sudah Ki, gue kapok. Mending gue balikin nih tali. Tolong kasih tau caranya Ki " gue betul-betul memelas kali ini, sumpah kapok gue. Janji nggak bakalan ngulangi perbuatan kayak gini. Lebih baik gue insap. Lagipula kejahatan apapun bentuknya nggak bakalan bikin gue tenang hidup. Gue harus nyari kerjaan lain yang lebih halal. Nggak perlu gue harus ngambil jalan pintas yang bisa2 nyelakain hidup gue sendiri. Setelah berfikir agak lama, untungnya dukun itu ngasih tau caranya ngembaliin tali pocong si Saropah. Lega campur nyesel, gue akhirnya balik pulang ke rumah. Rada tenang hati gue, mudah2an malam nih gue bisa tidur dengan nyenyak. Karna besok malam gue mesti nglaksanain ritual pengembalian tali si Saropah. Sudah hampir pagi saat gue baringkan badan di kasur kapuk kamar gue, sengaja gue matiin lampu berharap tidur gue kali ini lebih lelap ...Guling mana guling ... tangan gue meraba-raba mencari guling ...

" Nah ini dia " Tangan gue berhasil nemuin guling. Tapi saat gue tarik tuh guling .....

" Aaaaaarrrrgggghhhhhh­hh .... Saropaaaaaaaaaahhhhh­ "


Sumber: Dee Vaajjhalah Ga'pakeAmor

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image