Kabardewata.com

Travel

Monkey Forest Ubud

Kategori Travel, June 08, 2015, Dilihat sebanyak 231 kali, Post oleh Rusadi Nata


Monkey Forest Ubud Bali atau Mendala Suci Wenara Wana merupakan sebuah wana wisata berupa hutan yang dihuni oleh ratusan kera. Objek wisata ini sangat diminati utamanya oleh wisatawan asing, dengan pengunjung lebih dari 10.000 orang per bulan. Monkey Forest terletak di Jalan Monkey Forest, Padangtegal, Ubud, Bali.

Menurut petugas penjaga, saat ini Monkey Forest dihuni oleh sekitar 563 kera bali ekor panjang, terdiri dari 46 ekor jantan dewasa, 166 betina dewasa dan sisanya kera dengan usia muda. Keseluruhan kera membetuk 5 kelompok yang mendominasi area berbeda, uniknya masing-masing kelompok juga aktif mencari makan di waktu yang berbeda.

Layaknya tempat-tempat unik di Bali, di dalam area monkey forest juga terdapat beberapa tempat yang disucikan, seperti tempat peribadatan / Pura dan mata air. Terdapat beberapa pura di dalam area Monkey Forest, salah satunya ialah Pura Dalem Agung, pura ini merupakan pura terbesar sekaligus sebagai pura utama di tempat ini.

Holy Spring Temple merupakan salah satu pura lain di kawasan Monkey Forest, untuk mencapainya pengunjung akan melewati 2 buah patung sapi dan gajah di kiri kanan jalan setapak menurun melewati jembatan yang cukup tinggi bernama Jembatan Naga (Dragon Bridge) menembus akar pohon raksasa berusia ratusan tahun, kita akan sampai di sebuah Pura dengan mata air suci berbentuk kolam, lokasi ini merupakan salah satu lokasi shooting film Eat Pray Love yang dibintangi oleh Julia Roberts. Di dalam kolam mata air itu terdapat beberapa ikan mas cantik berukuran cukup besar, banyak pengunjung yang melemparkan uang koin ke dalamnya.

Terdapat beberapa akses pintu masuk ke dalam area Monkey Forest, selain pintu utama, anda bisa masuk melalui pintu belakang atau Gate 3, pintu ini merupakan jalan buntu dari Nyuh Kuning, sebuah pedesaan bali yang sangat cantik. Untuk anda yang menggunakan kendaraan roda dua, terdapat jalan kecil yang menghubungkan Nyuh Kuning menuju jalan utama Monkey Forest dan pintu masuk utama.

Monkey Forest Ubud Bali / Mendala Suci Wenara Wana buka setiap hari mulai jam 8:30 pagi WITA sampai dengan jam 6:00 Sore WITA. Tiket masuk Monkey Forest Ubud ialah Rp. 30.000 / orang, anak anak usia 3 – 12 tahun dikenakan tarif tiket Rp. 20.000 / orang. Untuk informasi lainnya terkait dengan Monkey Forest bisa melalui telpon langsung ke pengelola Mandala Suci Wenara Wana di nomor telepon +62 361 971304 atau +62 361 972774.

Tips Wisatawan Selama Berada Di Monkey Forest.
Walaupun tidak sejahil kera di kawasan wisata Uluwatu, sebaiknya anda tetap berhati-hati dengan barang bawaan anda, kera di monkey forest sangat tertarik dengan makanan dan minuman yang kita bawa, termasuk permen, air mineral dan lainnya, jadi sebaiknya simpan dengan baik semua makanan di dalam tempat yang tertutup, misalnya di dalam tas anda. Sedikit saja terlihat, maka sang kera tidak akan segan-segan untuk merebutnya dari anda. 

 

 

Sumber: IndoTravelers


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image