Kabardewata.com

Sosial Budaya

Kandungan Vitamin Buah Mangrove Sangat Besar, Olahlah Jadi Makanan

Kategori Sosial Budaya, September 28, 2015, Dilihat sebanyak 273 kali, Post oleh Rusadi Nata


MANGUPURA - Putu Sinariati (27) tampak cekatan mengemas sirup buah mangrove yang sudah diolah dan dikemas dalam botol di Wanasari, Desa Tuban, Badung, Bali, Minggu (27/9/2015).

Sinariati bergabung dengan istri-istri nelayan lainnya melakukan hal yang sama. Buah mangrove yang tadinya dibiarkan masak di pohon dan jatuh ke lumpur ini, ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah mangrove sangat cocok dijadikan sirup. Bahkan beragam jenis vitamin terkandung di dalamnya. Seperti vitamin  A, B dan C.

"Kalau kami hanya mengemas saja untuk dijual. Proses pembuatannya juga kami tahu karena seluruh istri nelayan Wanasari sudah diajarkan agar bisa mandiri setelah suami-suami tidak bisa mencari ikan kalau laut tidak bersahabat," ujarnya.

Komang Ani (35) mengaku membuat sirup cepat dan mudah. Setelah buah mangrove tua dan masak, daging buahnya dipisahkan dari biji. Buah-buahan yang sudah masak diremas-remas dan diperas untuk mendapatkan sarinya.

“Sarinya asam sekali. Supaya manis dicampur gula, ditambah air sesuai takaran lalu diminum,” tutur Komang Ani.
Ketua Kelompok Nelayan, Made Sudana, mengaku kelompoknya bisa membuat sirup mangrove 300 botol per bulan. Namun tidak diperjualbelikan.

Selain membuat sirup, buah mangrove juga bisa dibuat roti, sabun, bahan lulur dan keripik.

"Awalnya kita menanam mangrove buat budidaya kepiting. Ternyata buahnya bisa dijadikan produk atau olahan,” ujar Sudana. (*)


Sumber: tribunbali

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image