Kabardewata.com

Sosial Budaya

Jurnalis Diharapkan Bekali Diri Dengan Niat Baik

Kategori Sosial Budaya, March 07, 2014, Dilihat sebanyak 211 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Denpasar, Bali 2014.Jurnalis diminta membekali diri dengan niat yang baik sebelum berangkat liputan sehingga berita yang disebarkan bermanfaat positif bagi masyarakat. Harapan itu disampaikan Ida Rsi Agung Wayabya Suprabu dalam Dharma Wacananya pada HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-68 dan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Grahanada PWI Bali,

“Sebelum berangkat liputan, hendaknya mengawali dengan doa,” ujarnya. Ida Rsi meyakini, seseorang yang senantiasa mengawali kegiatan dengan doa akan memiliki bathin yang suci. Lebih dari itu, dengan berbekal niat yang baik, wartawan akan memiliki bathin yang suci dalam melakukan tugas jurnalismenya. Jika segala tindakan diawali dengan doa serta niat baik, dia yakin Bali akan jadi baik. Terlebih lagi pers punya fungsi dan peran yang sangat strategis. “Baik dan buruknya sangat tergantung dari informasi yang disampaikan rekan-rekan pers,” ujarnya.

Harapan senada juga disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Dia berharap pers dapat menjalankan perannya dengan baik dalam menyukseskan program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.  “Pers tidak boleh berpihak dan hendaknya bisa ikut membentuk karakter masyarakat,” ujarnya. Untuk itu, PWI diminta berperan aktif meningkatkan kompetensi dan kualitas wartawan. Dia menyarankan organisasi ini mengadakan pelatihan dan Pemprov siap mendukung pendanaan. PWI diharapkan mengusulkan anggaran ke Pemprov Bali yang nantinya akan dimasukkan dalam penyusunan anggaran 2015.

Sementara itu, Ketua PWI Bali Bagus Ngurah Rai mengutarakan, hingga saat ini PWI beranggotakan 350 jurnalis. Dia minta kalangan wartawan, khususnya yang tergabung dalam PWI selalu berpedoman pada kode etik jurnalistik dalam melaksanakan tugas peliputan. “Salah satu peran media adalah membuat damai. Selain itu pers juga memiliki peran besar dalam menyukseskan program pembangunan melalui informasi yang benar,” imbuhnya.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image