Kabardewata.com

Sosial Budaya

Jelang MEA Kemenkomimfo Edukasi Publik Lewat Media Sosial

Kategori Sosial Budaya, July 29, 2015, Dilihat sebanyak 184 kali, Post oleh Rusadi Nata


Djoko Agung, Plt. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, mengungkapkan memberikan edukasi kepada publik tidak hanya melalui media konvensional saja, namun juga dapat melalui media sosial.

Kementerian Komunikasi dan Informatika usulkan penggunaan media sosial sebagai salah satu sarana komunikasi jaringan antar pemangku kepentingan maupun antar anggota Asean.

"Kami akan usulkan dalam pertemuan Asean Committee on Culture and Information kali ini dan akan melihat bagaimana respon dari anggota yang lain," tuturnya, di Nusa Dua, Bali

Freddy Tulung, praktisi sekaligus mantan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo menambahkan, pihaknya juga memanfaatkan tenaga relawan teknologi informasi komunikasi untuk mensosialisasikan penggunaan media sosial dengan bijak kepada masyarakat.

"Relawan TIK ini sebelumnya sudah memerangi aksi pornografi namun sekarang akan membantu melatih etika dalam penggunaan media sosial," paparnya.

Relawan tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penggunaan media sosial dengan bijak mengingat sekarang ini cukup banyak penggunaan media sosial yang melenceng, lanjutnya.

"Kami juga bekerjasama dengan instansi terkait lainnya seperti Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Sosialisasi ini berkaitan dengan etika serta kepatutan dalam penyebarluasan informasi yang sering mengarah pada pelanggaran norma sosial dan bukan ditangani dengan hukum," lanjutnya.

Dia menjelaskan, apabila pelanggaran di luar etika atau kepatutan, sanksi hukum patut diberikan bagi pelanggar di media sosial menggunakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pemanfaatan media sosial secara bijak diharapkan mampu meningkatan arus informasi yang positif serta mendukung kemajuan bersama. Selain itu, proses edukasi yang merata akan membangun etika yang baik dalam berbagi informasi.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image