Kabardewata.com

Sosial Budaya

Insiden Tolikara Papua, Masyarakat Diminta Pertahankan Kondusifitas

Kategori Sosial Budaya, July 23, 2015, Dilihat sebanyak 190 kali, Post oleh Rusadi Nata


Kasdam  Kodam IX Udayana Brigadir Jenderal TNI Hadi Kusnan mendorong masyarakat di jajaran kodam setempat untuk tetap mempertahankan kondusifitas keamanan berkaca dari insiden di Tolikara, Papua. "Sesuai instruksi Panglima TNI untuk menindaklanjuti supaya ditingkatkan komunikasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dari tingkat atas sampai bawah untuk mengantisilasi agar masalah di Tolikara tidak terjadi," katanya ditemui usai menggelar halal bi halal dengan awak media di Denpasar. 

Menurut dia, menunjukkan rasa toleransi, saling membantu dan saling menghormati merupakan upaya yang perlu diperkuat masyarakat untuk menjauhkan dari konflik seperti yang bernuansa suku, agama atau ras (Sara). Jenderal dengan bintang satu itu menambahkan bahwa masyrakat di luar Bali bisa mencontoh kerukunan antarumat yang nyata dilakukan oleh masyarakat Bali . Saat pelaksanaan Shalat Id Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, petugas keamanan adat khas Bali atau pecalang turut mengamankan jalannya ibadah umat Muslim. 

Mereka, lanjut Hadi, berbaur dengan umat Katolik dan Protestan untuk memberikan pengamanan pelaksanaan ibadah tersebut. "Di Bali benar-benar ditunjukkan dengan suasana kondusif dengan rasa saling menghormati dan tolong menolong," imbuhnya. Selain meminta tetap mempertahankan kondusifitas Bali

Selanjutnya Kasdam IX/Udayana mengingat rekan rekan media sangatlah pintar dalam mengkemas berita tanpa mengurangi makna dari berita tersebut, juga berita tersebut tidak menimbulkan gejolak serta perpecahan di masyarkat. Mengakhiri sambutannya Kasdam menyampaikan bahwa apapun profesi kita kalau didasari dengan agama dan ketulusan maka akan mendatangkan pahala. Acara Halal Bi Halal Kapendam dengan Insan Pers diakhiri dengan salam salaman dan dilanjutka acara ramah tamah.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image