Kabardewata.com

Sosial Budaya

Dalam Setahun 3000 Ekor Tukik Diselundupkan ke Luar Negeri

Kategori Sosial Budaya, July 31, 2015, Dilihat sebanyak 156 kali, Post oleh Rusadi Nata


Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementrian Lingkungan Hidup RI mencatat rata rata dalam setahun 3000 ekor tukik diselundupkan ke luar negeri. "Tercatat 200 kasus penyelundupan tukik atau penyu dewasa setiap tahun , namun untuk tahun ini belum ada data pasti, tetapi kami terus berupaya agar jumlah tukik yang menjadi korban terus menurun tiap tahunnya

"Secara nasional kami melindungi penyu karena memang masih ada ancaman-ancaman pengambilan untuk perdagangan dan hal-hal lainnya. Sedangkan untuk di Bali memang ada adat yang tidak bisa terhindarkan, maka kami juga mengusahakan ada penangkaran penyu," ujarnya di Kuta, Bali.

Dia menambahkan, pantai Kuta dulunya jadi sumber telur penyu dan kemudian diambil oleh masyarakat Bali sendiri. Pihaknya berkoordinasi dengan masyarakat sekitar untuk tidak mengambil telur penyu lagi dan membantu melestarikannya.

Daerah Kuta dan sekitarnya, telur dan daging tukik banyak diburu dan diperjualbelikan sebagai bahan baku makanan dan pangan untuk wisatawan sehingga populasinya kini hampir punah.

”Tetapi sekarang, pemilik hotel dan pengelola pariwisata serta wisatawan berupaya melakukan pelepasan tukik untuk menyadarkan masyarakat tidak mengambil telur dan memburu penyu untuk alasan apapun,’’ungkapnya di Kuta, Bali

Kami juga berjasama dengan pemda, polair, teman-teman NGO, serta desa adat untuk gerakan melestarikan penyu supaya masyarakat tidak lagi mengambil telurnya agar tidak punah binatang langka tersebut.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image