Kabardewata.com

Ekonomi

Potensi Wisata Bahari Besar, Standar Keamanan Menjadi Perhatian 

Kategori Ekonomi, March 29, 2019, Dilihat sebanyak 137 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Potensi Bali di bidang pariwisata sangat besar untuk wisata bahari. Dari data kementerian, pertumbuhan wisata bahari di Indonesia tahun lalu sekitar 5 persen dari total jumlah kunjungan.

Menurut Bendahara Umum INSA, Nova Yudhanto Mugijanto, di tahun 2018, jumlah wisman yang mengunjungi Indonesia mencapai lebih dari 15 juta wisman, sedangkan tahun ini jumlah wisman ditargetkan mencapai 20 juta orang.

Dari jumlah itu, 40 persennya melakukan kunjungan ke Bali. Sementara, jumlah wisman dengan kapal pesiar di Indonesia di tahun ini juga diprediksi akan tumbuh 9,7 persen menjadi 387 ribu lebih wisman, dengan prediksi kedatangan kapai mencapai 593 kapal selama 2019 ini. 

"Tentunya ini menjadi peluang sekaligus tantangan pelayaran nasional kita yang berada di Bali dalam mengakselerasi pengembangan pariwisata di daerah Bali, yang juga dapat memberikan benefit bagi pelayaran nasional di Bali," katanya saat ditemui disela pengukuhan dan pelantikan DPC Indonesian National Shipowners Association (Insa) Bali, periode 2018-2022, Jumat (29/3) di Kuta.

Namun demikian, pihaknya mengingatkan, terkait dengan masalah safety atau keamanan, seluruh pemilik kapal diharapkan untuk tetap memperhatikan standar keamanan.

Dalam hal ini,  bagaimana standar safetynya bisa berstandar internasional. Mengingat, sebagian besar penumpangnya merupakan wisatawan internasional. "Harus ada standar safety tertentu. Ini terus kami sosialisasikan kepada pemilik kapal," ujarnya 

Dikatakannya, selama ini Insa hanya bergerak di bidang niaga dan memang belum banyak begerak di bidang pariwisata. Untuk itu, DPC Bali ini untuk pertama, memiliki bidang pariwisata. Sehingga kedepan, ini akan dijadikan pilot project bagaimana menyediakan kapal untuk penunjang wisata bahari dengan standar safety yang cukup layak.

"Bali akan dijadikan pilot project untuk penunjang wisata bahari ini," terangnya. Sementara, Ketua DPC Insa Bali, Dadang Rukmana mengatakan, pihaknya akan berusaha mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Tentunya melalui pengembangam potensi wisata bahari di Bali. Untuk itu ini akan dijadikan pilot project. "Mudah mudahan pariwisata Bali akan ada peningkatan," harapnya


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image