Kabardewata.com

Sosial Budaya

Jelang Pilkada, Masyarakat Dihimbau Pilih Peminpin Yang Tidak Biasa

Kategori Sosial Budaya, July 27, 2015, Dilihat sebanyak 131 kali, Post oleh Rusadi Nata


Gubernur Bali Made Mangku Pastika  mengimbau masyarakat yang akan memilih bupati dan walikotanya di ajang Pilkada di 6 Kabupaten/kota pada bulan Desember mendatang untuk memilih peminpin daerah yang berasal dari orang tidak biasa, di Denpasar

“Peminpin itu orang biasa, tetapi bukan manusia biasa kalau dia manusia biasa maka tidak akan jadi peminpin,” ujarnya.  

Ia kemudian memaparkan bahwa seorang peminpin dalam ajaran agama  Hindu harus mencerminkan konsep Asta Brata, yaitu delapan sifat tuhan yang harus dimiliki oleh serang peminpin. Pastika menyampaikan pada era reformasi sekarang setiap warga negara yang memiliki hak suara berhak secara langsung tanpa perwakilan menyalurkan hak suaranya. Untuk itu, untuk itu  Pastika mengajak seluruh masyarakat agar memberikan hak pilihnya  sesuai dengan harapan dan bertanggungjawab atas pilihannya. 

Pastika juga menyampaikan renungan kepada masyarakat dalam memaknai hari raya keagamaan yakni Hari Raya Galungan dan Hari Raya Idul Fitri. Kedua hari raya tersebut , menurut Pastika, memiliki makna yang sama yaitu kemenangan umatnya dari peperangan atau pertarungan yang berat melawan sifat yang ada dalam diri kita sendiri seperti amarah, Iri hati, dengki, sombong dan serakah, tambah Pastika. Pastika juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan antar umat beragama sehingga kasus di Tolikara Papua tidak sampai terjadi di Bali. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image