Kabardewata.com

Sejarah Hari Ini

1904 - Ditemukannya Cone Ice Cream

Kategori Sejarah Hari Ini, July 23, 2015, Dilihat sebanyak 278 kali, Post oleh Rusadi Nata


[Peristiwahari ini] - Sudah lebih dari seabad lamanya cone menjadi wadah es krim paling favorit. Tahukah kamu, kapan, di mana, dan oleh siapa cone es krim pertama kali dibuat?

Pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, harga es krim di Amerika Serikat berangsur-angsur turun dan menjadi makanan yang populer. 

Tumbuhnya peluang di bidang ini membuat Italo Marchiony, seorang pengusaha es krim, memutar otak untuk berinovasi. Hasilnya adalah penampung es krim yang dapat dimakan, yang dipatenkan dan mulai diperkenalkan pada konsumennya pada tahun 1896.

Pada periode yang hampir sama, Antonio Valvona, pedagang es krim asal Manchester, Inggris, juga memperoleh paten atas mesin yang dapat mencetak gelas es krim berbahan biskuit.

Namun kedua inventor tersebut bukanlah nama yang paling sering disebut sebagai penemu cone.

Di acara World’s Fair yang digelar di Louisiana pada tahun 1904, 23 juli, sebuah booth yang menjual es krim kehabisan piring kertas karena jumlah pembeli yang terlalu banyak. Ernest Hamwi, penjual kue-kuean sejenis waffle yang memiliki booth di sebelah es krim tersebut kemudian berinisiatif menawarkan solusi: ia menggulung waffle dagangannya hingga membentuk kerucut dan menjadikannya penampung es krim.

Dalam sekejap saja, ide Hamwi ini langsung mencuri perhatian. Pada acara yang sama, puluhan pedagang es krim lainnya langsung menggunakan cone dari waffle. Sejak hari itu, ice cream cone seperti menjadi elemen tak terpisahkan dari hidangan es krim karena lebih praktis dan memberi tambahan sensasi renyah.

 

 

sumber: forumdetik


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image