Kabardewata.com

Sejarah Hari Ini

1898 - Ito Hirobumi Memulai Masa Bakti Ketiganya Sebagai Perdana Menteri Jepang

Kategori Sejarah Hari Ini, January 12, 2016, Dilihat sebanyak 187 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Pangeran Itō Hirobumi, GCB (伊藤 博文?, lahir di Tsukari, Provinsi Suō, Jepang, 16 Oktober 1841 – meninggal di Harbin,Manchuria, China, 26 Oktober 1909 pada umur 68 tahun, juga disebut Hirofumi/Hakubun & Shunsuke pada masih kecil) adalahsamurai dari Chōshū domain, Jepang ese negarawan, empat kali Perdana Menteri Jepang (tanggal 1, 5, 7 dan 10), Genro danResident Jenderal Korea. Itō dibunuh oleh nasionalis Korea An Jung-geun. Politisi, intelektual, dan penulis Suematsu Kencho itu Itō putra mertua, setelah menikahi putri keduanya, Ikuko.

Kehidupan

Itō lahir sebagai putra Hayashi Juzo. Dia awalnya bernama Hayashi Risuke. Ayahnya Hayashi Juzo adalah anak angkat dari Mizui Buhei yang merupakan anak angkat dari keluarga Itō Yaemon itu, lebih rendah peringkat samurai dari Hagi, Chōshū Domain(sekarang Yamaguchi prefecture). Mizui Buhei diubah namanya menjadi Itō Naoemon. Mizui Juzo mengambil nama Ito Juzo, dan Hayashi Risuke diubah namanya menjadi Itō Shunsuke pada awalnya, kemudian Ito Hirobumi. Dia adalah seorang mahasiswaYoshida shoin di Shoka Sonjuku dan kemudian bergabung dengan Sonno Joi gerakan ("untuk menghormati Kaisar dan usir kaum barbar"), bersama-sama dengan Kido Takayoshi. Itō terpilih menjadi salah satu dari "Chōshū Lima" yang belajar di University College London pada tahun 1863, dan pengalaman dalam Inggris meyakinkannya tentang perlunya Jepang mengadopsi cara-cara Barat.

Pada tahun 1864, Ito kembali ke Jepang dengan sesama mahasiswa Inoue Kaoru untuk mencoba untuk memperingatkan Chōshū Domain melawan pergi berperang dengan kekuatan asing (Pemboman dari Shimonoseki) atas hak lintas melalui Selat Shimonoseki. Pada saat itu, Dia bertemu Ernest Satow untuk pertama kalinya, kemudian seorang teman seumur hidup.

Karier politik
Setelah Restorasi Meiji, Ito diangkat gubernur Prefektur Hyogo, junior dewan Luar Negeri, dan dikirim ke Amerika Serikat pada tahun 1870 untuk mempelajari sistem mata uang Barat. Kembali ke Jepang pada tahun 1871, ia mendirikan sistem perpajakan Jepang. Belakangan tahun itu, ia dikirim pada Iwakura Misi di seluruh dunia sebagai wakil utusan yang luar biasa, di mana ia memenangkan kepercayaan dari Okubo Toshimichi, salah satu pemimpin dari pemerintah Meiji .

Pada tahun 1873, Ito dibuat seorang anggota dewan penuh, Menteri Pekerjaan Umum, dan pada tahun 1875 ketua Majelis pertama Gubernur Prefektur. Dia berpartisipasi dalam Osaka Konferensi 1875. Setelah pembunuhan Okubo, ia mengambil alih jabatanMenteri Dalam Negeri dan mengamankan posisi sentral dalam pemerintahan Meiji. Pada tahun 1881 ia mendesak Okuma Shigenobu untuk mengundurkan diri, meninggalkan dirinya dalam kontrol mutlak.

Itō pergi ke Eropa pada tahun 1882 untuk mempelajari konstitusi negara-negara, menghabiskan hampir 18 bulan lagi dari Jepang. Ketika bekerja pada sebuah konstitusi bagi Jepang, ia juga menulis pertama Imperial Hukum Rumah Tangga dan mendirikan Jepang gelar bangsawan Sistem ( kazoku) pada tahun 1884.

Pada tahun 1885, ia menegosiasikan Konvensi Tientsin dengan Li Hongzhang, normalisasi hubungan diplomatik Jepang dengan Dinasti Qing Cina.


Sumber: wikipedia

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image