Kabardewata.com

Travel

7 Minuman Signature Bali Yang (Mungkin) Belum Anda Tahu

Kategori Travel, June 02, 2016, Dilihat sebanyak 736 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Tidak hanya kaya akan tempat wisata alam, tempat hiburan yang selalu menjadi sorotan atau makanannya saja yang khas, Bali juga memiliki minuman-minuman yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Beberapa minuman tersebut memang terlihat mirip dengan minuman dari daerah lain di Indonesia tetapi jangan salah, setiap hidangan khas Bali pasti memiliki beberapa bahan yang spesial dari Bali.

1. TAMBRING

Minuman ini terbuat dari bahan yang cukup unik. Campuran kelapa serut dengan asam jawa yang diaduk dengan putih telur. Rasa gurih dan asam menjadi rasa yang sangat dominan pada minuman ini. Sangat nikmat diminum dalam kondisi dingin.

2. LOLOH

Loloh yang berarti jamu ini memang campuran berbagai rempah seperti daun cemcem, kayu manis, daun sirih, jarak pagar, dan daun dhapdhap, Semua bahan ini dicampur jadi satu dan terkadang diminum bersamaan dengan kelapa dan gula aren. Rasanya: asam, asin, manis, dan sedikit pedas. Jika Anda penasaran, minuman ini dapat ditemukan di daerah Bangli.

3. DALUMAN

Mungkin minuman yang satu ini terlihat sama dengan es dawet atau es cincau. Ya, memang bahan dasar daluman adalah dari cincau. Dicampur dengan santan dan gula merah jadilah es daluman. Rasanya pun tidak berbeda jauh dengan es cincau, hanya perbedaan pengolahan cincau-nya saja.

4. BREM

Di daerah Jawa, Brem terkenal sebagai makanan pendampig. Sedangkan di Bali, Brem dikenal sebagai minuman beralkohol. Proses pembuatannya berasal dari endapan tape yang difermentasi sehingga akhirnya menjadi minuman. Walaupun awalnya Brem hanya digunakan saat upacara adat, kini Brem pun dinikmati sebagai minuman yang dapat dikonsumsi di segala kesempatan.

5. ARAK BALI

Siapa yang tidak tahu minuman beralkohol dari Bali ini. Arak Bali memang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahan dasar Arak Bali sendiri merupakan fermentasi tuak kelapa yang diolah dengan cara penyulingan atau dikenal dengan sebutan destilasi. Bila Anda biasanya mencampur minuman alkohol dengan ragam minuman lain seperti soda atau jus, Arak Bali dianjurkan tidak dicampurkan dengan apapun karena sedikit berbahaya.

6. ES KUWUT

Di daerah lain Indonesia seperti Jakarta Es Kuwut mungkin dikenal dengan es campur. Kata “kuwut” sendiri berarti kelapa. Minuman ini memang berbahan dasar kelapa. Namun tidak seperti es kelapa biasa Es Kuwut dicampurkan dengan biji selasih, blewah, melo dan jeruk nipis.

7.  ES BIR

Sedikit mirip dengan Es Kuwut, Es Bir juga berbahan dasar kelapa. Tetapi tidak semeriah Es Kuwut, Es Bir hanya mencampur kelapa dengan perasan jeruk nipis saja. Biasanya minuman ini dapat ditemukan di daerah Buleleng.

 


Sumber: VillaBali

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image