Kabardewata.com

Ekonomi

Serahkan Klaim, Ubud Jadi Target Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Kategori Ekonomi, August 03, 2018, Dilihat sebanyak 334 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kawasan Ubud di Kabupaten Gianyar merupakan salah satu target BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Gianyar, mengingat kampung turis itu banyak berdiri UKM kerajinan, penginapan dan restoran. 

Khusus di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Gianyar, Kecamatan Ubud menjadi fokus dalam mengatrol kuantitas peserta. Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Gianyar, Anak Agung Karma Krisnadi kepada wartawan mengakui, Kecamatan Ubud menyimpan potensi kepesertaan yang besar. Namun sejauh ini, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di Ubud masih relatif kecil. 

"Kalau dilihat potensi dan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaannya, khususnya di Ubud ini baru sekitar 30 persen menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dan program BPJS Ketenagakerjaan ini adalah program publik, program nasional yang kita punya, tentu dalam hal ini program publik, program nasional ini yang cenderung berkaitan dengan budaya kita Hindu ini banyak sekali keterkaitan dan banyak nilai yang kita peroleh manfaatnya," katanya kepada wartawan di Casa Luna Restaurant, Ubud, Jumat (3/8/2018).

Ditempat yang sama salah satu pengusaha restoran casaluna Ubud, I Ketut Suardana  yang juga Ketua PSSI Bali  mengaku mendaftarkan seluruh karyawannya yang berjumlah sekitar 200 orang terlindungi empat program jaminan sosial. Ia mengharapkan kesadaran tersebut diikuti oleh para pelaku UKM di desa itu karena manfaat besar yang dirasakan para pekerja termasuk keluarga. 
     
Pada April 2018, salah satu karyawannya yakni Ni Ketut Suparmi mengalami kecelakaan ketika dalam perjalanan menuju tempat kerja hingga mengakibatkan korban meninggal dunia. 

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Gianyar, kemudian menyerahkan klaim kepada suami korban Ketut Darma selaku ahli waris yakni Jaminan Hari Tua sebesar Rp10,3 juta, Jaminan Pensiun Rp331 ribu per bulan (disesuaikan dengan perkembangan inflasi) selama seumur hidup.

Selain itu Jaminan kecelakaan kerja Rp106,7 juta dan beasiswa kepada putranya sebesar Rp12 juta. 

"Kami terbantu termasuk biaya sekolah untuk anak kami juga dibantu," ucap Ketut Darma. Ikut mendampingi  dalam penyerahan klaim yakni Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Gianyar, I Wayan Suntawinaya K, Lurah Ubud, I Wayan Parmadi, dan Owner Casa Luna Restaurant, I Ketut Swardana. 

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image