Perkuat Hilirisasi,Kekayaan Cokelat Nusantara Jadi Peluang Besar

Perkuat Hilirisasi,Kekayaan Cokelat Nusantara Jadi Peluang Besar

Setelah penundaan selama empat tahun yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, Asosiasi Kakao Indonesia (ASKINDO) sebagai asosiasi yang menaungi berbagai pemangku kepentingan di sektor kakao & cokelat kembali menghadirkan the 8th Indonesian International Cocoa Conference & Dinner 2023 pada 14-15 September 2023 di Nusa Dua, Bali dengan tema “Paradigm Shifting: Global Cocoa & Supply Chain through Innovation, Growth, and Sustainability”.

Konferensi internasional ini dihadiri lebih dari 400 pegiat kakao dan cokelat dari 16 negara dan bertujuan untuk membangun sinergi dan kolaborasi antar insan kakao & cokelat untuk mendorong terciptanya inovasi dan menghadirkan terobosan baru untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor kakao & coklat melalui hilirisasi dan menjawab tantangan di masa yang akan datang terutama untuk produk-produk yang berkelanjutan.

Sektor kakao dan cokelat di Indonesia telah menunjukan ketangguhan dalam proses pemulihan dari berbagai tantangan dan gangguan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Bahkan sektor kakao & cokelat merupakan salah satu sektor utama yang berkontribusi penting terhadap pertumbuhan industri makanan dan minuman secara global.

Di Indonesia, tantangan terbesar adalah bagaimana meningkatkan produksi biji kakao yang akan diserap secara langsung oleh industri pengolahan kakao serta industri cokelat artisan dan craft melalui produk-produk yang berkelanjutan. Penguatan program hilirasi di sektor kakao akan memberikan nilai tambah dan meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat global. 

Kondisi ini memerlukan komitmen bersama para pemangku kepentingan untuk bekerjasama dalam meningkatkan produktivitas kakao yang akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, serta pada akhirnya memperkuat industri hilir sektor kakao yang sudah ada dan akan selalu berkembang.

Arief Susanto Ketua Umum DPP ASKINDO mengatakan,"sebuah kebanggaan bagi ASKINDO dapat kembali menghadirkan pegiat dan insan kakao dari seluruh penjuru dunia dalam konferensi pada tahun ini. Hal tersebut menunjukan semangat dari pelaku sektor kakao dan cokelat untuk terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi dalam memajukan industri yang kita cintai ini. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan yang sangat luar biasa dari Pemerintah, Organisasi Internasional, dan para pelaku usaha di sektor industri kakao dan cokelat sehingga konferensi pada tahun ini dapat berjalan dengan baik,” ujarnya di Hotel Laguna Nusa Dua,Kamis(14/9).

Sementara ditempat sama Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustian Republik Indonesia, Putu Juli Ardika di tempat yang sama menilai, event ini berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya.

Perbedaan itu diperlihatkan dari komitmen Indonesia untuk mendeklarasikan tekad para pelaku industri kakao. 

"Yang pertama kita memperkenalkan kemampuan kita, artisan kita untuk mengeksplor kekayaan dari rasa cokelat," ujarnya.

"Jadi kita mempunyai 600 rasa yang kalau di cokelat ini. Kalau di kopi itu 200 rasa," imbuhnya. 

Ardika mengemukakan, kekayaan cokelat nusantara menjadi peluang besar bagi Indonesia. 

Enam ratus rasa cokelat di Tanah Air, disebut memiliki signature, identitas, kekhasan, dan keunikan masing-masing. 

"Itu sebenarnya milestone (tonggak pencapaian) yang kita dorong, milestone yang kita pancangkan di konferensi kakao dan cokelat yang kedelapan ini," jelasnya.

Di sela rangkaian konferensi, the 8th Indonesian International Cocoa Conference and Dinner 2023 akan menampilkan pula pameran cokelat craft & artisan Indonesia yang menghadirkan produk cokelat khas Indonesia yang berasal dari biji kakao yang ditanam dari seluruh penjuru nusantara.

The 8th Indonesian International Cocoa Conference and Dinner 2023 akan dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Kegiatan konferensi tahun ini didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perdagangan.

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait