Kabardewata.com

Ekonomi

Belasan Ribu Pekerja di Karangasem Terlindungi BPJAMSOSTEK 

Kategori Ekonomi, March 24, 2020, Dilihat sebanyak 1172 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Bupati Mas Sumatri Terima Penghargaan Program

 

Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Cabang Bali Gianyar Imam Santoso (Kanan) memberikan piagam penghargaan atas upaya serius Pemkab Karangasem melindungi belasan ribu tenaga kerja dengan mengikutkan mereka sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan. Penghargaan diterima langsung Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Ruang Rapat Bupati (18/3).

Kunjungan langsung ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah yang telah mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Bupati Kabupaten Karangasem sendiri merupakan salah satu Kepala daerah pertama di Bali yang menerapkan universal coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada pekerja di Kabupaten Karangasem.

Dimana Bupati Karangasem Mas Sumatri telah mendaftarkan 14 ribu lebih pekerja formal dan 6 ribuan tenaga kerja informal warga Kabupaten Karangasem. Dalam sambutannya Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Bali Gianyar menyampaikan bahwa beliau sangat senang sekali karena kepala daerah sangat paham akan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, bukan hanya paham tapi sampai mengimplementasikan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di daerah masing - masing. “Jaminan sosial ketenagakerjaan ini adalah toolsnya untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Jadi saya harap, pemerintah daerah dan BPJS Ketenagakerjaan dapat menjaga sinergi untuk kesejahteraan pekerja di Indonesia,Bali dan Kabupaten Karangasem khususnya,"tambahnya. Penghargaan inilah dapat menjadi tolak ukur pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja Indonesia.

Karena Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan hak setiap pekerja yang ada di Indonesia dan sebagai dasar untuk mensejahterakan pekerja. "Kami juga berharap dukungan selanjutnya kepada Bupati untuk penyelenggaraan BPJS ketenagakerjaan bisa menyeluruh kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Karangasem," imbuhnya.

Bupati Mas Sumatri menyambut positif program BPJamsostek yang telah memberikan jaminan perlindungan kepada para pekerja formal dan informal ini. Ia juga menyampaikan usulan terkait pembayaran BPJS ketenagakerjaan di tengah siaga virus Covid-19 ini bisa berpihak kepada para tenaga kerja. "Saya harap BPJamsostek dapat membuat kebijakan yang bisa meringankan para peserta.

Apalagi kini banyak sekolah diliburkan,pekerja yang di rumahkan. Tentu penghasilan mereka pun terancam menurun bahkan bisa saja tak menerima penghasilan," ucapnya. Dalam audiensi ini juga diserahkan santunan JKK-JKM kepada Pegawai PDAM yang mengalami kecelakaan saat kerja hingga meninggal, senilai Rp 228 juta yang diserahkan kepada istrinya sebagai ahli waris dan bea siswa kepada anaknya senilai Rp 12 Juta.

Selain itu diserahkan santunan JKM - BPU kepada seorang Asisten Rumah Tangga yang meninggal karena sakit dan diterima suaminya dengan nilai santunan Rp 42 Juta. Adapun juga pemberian penghargaan kepada 3 Perusahaan kategori menengah besar yaitu PT BPR Nusamba Manggis, Hotel Alila Manggis, dan Hotel Puri Bagus Candidasa yang juga diserahkan langsung oleh Bupati Mas Sumatri atas partisipasi dan dukungan CSR dalam pelaksanaan Paritrana Award tahun 2020.

Turut hadir dalam audiensi, Kadis Sosial, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Karangasem, Kepala Bidang HI dan Jamsos Karangasem, Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Gianyar, Kepala Kantor Cabang Perintis Karangasem, Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem Direktur PT BPR Nusamba Manggis, HR Manager Hotel Alila Manggis, dan HR Manager Puri Bagus Candidasa.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image