Kabardewata.com

Sejarah Hari Ini

Terjadinya Gerhana Matahari Pertama Kali

Kategori Sejarah Hari Ini, June 04, 2015, Dilihat sebanyak 841 kali, Post oleh Putri Sukawening


[Kejadian Hari Ini] - Gerhana adalah salah satu fenomena alam yang luar biasa. Sebagian besar penduduk di seluruh dunia selalu menanti-nanti momen yang tidak setiap saat terjadi ini. Apalagi kalau gerhana cincin atau total, mereka pasti tidak akan melewatkan momen seru untuk melihatnya meski dengan cara tak langsung.
Berbicara soal gerhana, tahukah kamu bahwa gerhana matahari tercatat pertama kalinya di Tiongkok, China. Yap, gerhana ini diprediksi oleh dua astrolog legendaris asal China bernama Hsi dan Ho. Mereka berdua mencatat peristiwa gerhana matahari tersebut bertepatan pada tanggal 4 Juni 781 SM atau sekitar 4000 tahunan yang lalu.

Pada waktu itu gerhana yang terjadi di China adalah gerhana matahari total yang berlangsung sekitar 6 menit 25 detik. China yang saat itu masih berbentuk kekaisaran ini mempercayai bahwa peristiwa tersebut bakal meramalkan nasib kaisar di masa depan, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Bahkan jika terdapat kesalahan dalam memprediksi gerhana matahari maka kaisar tidak segan-segan mengeksekusi mati prediktornya seperti nasib yang menimpa kedua astrolog legendaris tersebut. Diceritakan kembali bahwa saat gerhana matahari terjadi, masyarakat China kuno percaya bahwa matahari sedang dimakan oleh seekor naga. Sehingga pada saat itu mereka membunyikan genderang dan drum keras-keras bahkan melontarkan senjata api untuk menakuti sang naga.

Berbagai mitos dan legenda mengenai gerhana matahari ini tidak hanya muncul di China saja. Melainkan juga di bangsa-bangsa kuno lain yang juga mencatat peristiwa tersebut setelah China seperti Babylon, Mesir dan Yunani.

Wah, menarik sekali bukan? Bagi yang belum pernah melihat gerhana matahari total maka jangan pernah lewatkan kejadian yang diprediksi bakal terjadi tahun depan yakni pada tanggal 20 Maret 2016. Kabarnya gerhana itu bisa kita saksikan dari seluruh wilayah Indonesia lho.

 

Sumber : Kapanlagi


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image