Targetkan Informal, BPJAMSOSTEK Denpasar Klaim Beasiswa Januari-Desember 2022 Rp2 Miliar Lebih

Targetkan Informal, BPJAMSOSTEK Denpasar Klaim Beasiswa Januari-Desember 2022 Rp2 Miliar Lebih

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Denpasar telah melakukan pembayaran beasiswa Januari sampai Desember sebesar Rp 2.055 miliar dengam jumlah klaim 308 penerima.

"Selama pandemi COVID-19, BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar memang mengalami peningkatan pembayaran klaim beasiswa banyak perusahaan melakukan pengurangan tenaga kerja," ujar Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasa Opik Taufik dalam siaran pers.

Selain mendapatkan manfaat pokok (Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua  Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan) keluarga peserta BPJAMSOSTEK yang menjadi ahli waris juga mendapat manfaat lain.

Manfaat lain itu berupa beasiswa yang diberikan kepada anak dari peserta yang meninggal dunia.

Beasiswa ini diberikan per tahun, untuk jenjang TK/SD Rp1,5 juta, jenjang SMP sebesar Rp2 juta, jenjang SMA sebesar Rp3 juta dan untuk jenjang perguruan tinggi sebesar Rp12 juta.

"Kalau dihitung uang yang disiapkan beasiswa untuk anak pekerja itu, maksimal sebanyak Rp174 juta untuk dua orang anak pekerja yang mengalami musibah," katanya.

Pembayaran beasiswa ini ditunaikan setelah keluarnya aturan turunan dari PP Nomor 82 Tahun 2019, yaitu Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Beasiswa itu untuk peserta penerima upah maupun bukan penerima upah dengan masa iuran paling singkat 3 tahun untuk JKM,” papar Opik.

Untuk program JKK, bantuan tersebut, diberikan bagi anak peserta yang mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap.

Namun untuk program JKM, bantuan diberikan jika peserta meninggal dunia karena sebab apa pun.

Pada Tahun 2022, BPJAMSOSTEK mengusung tema "Adaptif dan Solutif".Adaptif telah ditunjukkan dengan menerapkan layanan daring Lapak Asik (Layanan tanpa Kontak Fisik).Lapak Asik untuk mengakomodir pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT). 

Kemudian JMO (Jamsostek Mobile) juga menjadi salah satu terobosan yang adaptif dan solutif, mengikuti tuntutan zaman dengan menawarkan berbagai kemudahan bagi para peserta

Melalui JMO, peserta dapat mengakses layanan BPJAMSOSTEK dimanapun dan kapanpun, mulai dari pengecekan saldo hingga pengajuan klaim JHT secara daring.

Sebelum ada fitur pencairan saldo JHT pada aplikasi JMO, pengajuan klaim ditargetkan selesai dalam kurun waktu tujuh hari kerja.

Setelah adanya JMO, pencairan dana JHT peserta dapat dilakukan hanya dalam waktu beberapa menit saja.

"Kami mengajak stakeholder untuk bersama memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya pekerja, tentang pentingnya jaminan sosial sebagai jaring pengaman untuk mencegah pekerja atau keluarga mengalami risiko sosial ekonomi akibat terkena risiko kerja," papar Opik.

Disisi lain Opik Taufik  berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya pekerja mulai peduli dengan program jaminan sosial ketenagakerjaan. 

"Karena memang risiko pekerjaan bisa mengintai siapa saja, bisa terjadi kapan saja, dan ini tentunya bagi keluarga yang ditinggalkan bisa mempengaruhi ketika misalnya kepala keluarga mengalami musibah," ungkapnya.

Disinggung target kepesertaan, ia menjelaskan, pihaknya akan fokus kepada pekerja informal / pekerja bukan penerima upah (BPU). 

Alasannya, pekerja formal / pekerja penerima upah (PU) sudah sangat patuh dalam mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan. 

"Pekerja informal ini betul-betul menjadi upaya kami. Kami harus betul-betul bisa menyadarkan kepada mereka, sehingga mereka sadar dan butuh akan program jaminan sosial ketenagakerjaan," bebernya. 

Opik menjabarkan, cakupan pekerja informal saat ini masih di bawah 15%. Sedangkan khusus pekerja formal sudah menyentuh angka 80%.

"Makanya tahun ini dan tahun-tahun berikutnya, sektor informal merupakan target kami yang paling utama," pungkasnya.

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait