Kabardewata.com

Olahraga

Sportpedia: Alasan Setir Mobil F1 Bisa dilepas

Kategori Olahraga, March 05, 2016, Dilihat sebanyak 378 kali, Post oleh Admin Kabardewata


FORMULA One (F1) merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia. Bahkan, popularitas F1 di Eropa sedikit lebih tinggi dibanding balap motor paling prestisius MotoGP.

Bagi sebuah tim F1, di setiap musim rata-rata menghabiskan dana hingga 158 juta pounds atau sekira Rp3,2 triliun. Dana sebesar itu digunakan untuk membiayai gaji pembalap, kru, pengembangan mobil, penelitian, dan lain-lain.

Dari banyaknya komponen mobil, setir adalah salah satu yang terbilang mahal. Seperti diberitakan Formula1-Dictionary, Jumat (4/3/2016), untuk memproduksi satu unit setir membutuhkan dana USD45 ribu atau sekira Rp590 miliar.

Sebenarnya tak heran jika setir mobil F1 begitu mahal. Sebab, semua navigasi pembalap berada di komponen ini. Setidaknya ada 17 tombol yang berada pada setir, seperti mulai mengatur kecepatan, perpindahan gigi, temperatur mobil, dan bahan bakar. 


Setir mobil F1 yang berharga fantastis.

Bahkan saking canggihnya, setir tersebut dapat dilepas dan dipasang lagi. Setir ini sebagai pintu bagi pembalap. Sebab untuk keluar-masuk, setir harus dilepas dari mobil.

Menurut peraturan Federasi Automotif Internasional (FIA), seorang pembalap diharuskan mampu keluar dari mobil usai berhenti selama lima detik. Hal itu berarti setidaknya dibutuhkan waktu lima detik untuk melepas dan memasang setir mobil F1.


Sumber: okezone

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image