Vietnam Tawarkan Kerjasama Sister City antar Bali dengan Ho Chi Min City

Vietnam Tawarkan Kerjasama Sister City antar Bali dengan Ho Chi Min City

Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang bertemu dengan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di ruang kerjanya, Denpasar, Selasa (30/10). Dalam pertemuan itu, Vietnam membicarakan beberapa kemungkinan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia khususnya Bali. “Kami ingin memperkuat kerjasama dengan Indonesia terutama Bali melalui hubungan sister city,” jelas Dubes Vinh Quang.

Hal tersebut menurut Vinh Quang, mengingat Bali dan Vietnam mempunyai kemiripan budaya yang unik, dimana keduanya sama-sama mendapat pengaruh budaya dari Tiongkok pada masa lalu. Selain itu, Ia mengakui pemerintah Vietnam juga sedang gencar mempromosikan pariwisata di negaranya, dan Ia merasa perlu memperkuat kerjasama dengan Bali yang telah sukses mejadi ikon pariwisata kelas dunia. “Tahun 2020 pemerintah kami menargetkan 13 juta kunjungan wisatawan, masih kurang dengan target Indonesia yang mencapai 20 juta di tahun 2019. Akan tetapi, kunjungan wisawatn ke negara kami semakin tahun semakin meningkat, jadi kami sangat optimis akan tercapai,” imbuhnya. Mengenai hubungan sister city, Dia menawarkan Ho Chi Min City dengan Bali megingat keduanya merupakan ikon pariwisata. “Sebelumnya saya sudah sempat menawarkan Jakarta dengan Hanoi untuk memperkuat hubungan melalui program sister city, mengingat keduanya adalah ibukota masing-masing negara,” jelasnya.

Untuk membuktikan keseriusan rencana tersebut, Ia bahkan sudah bicara dengan Kementrian Perhubungan terkait dengan dibukanya penerbangan langsung dari Vietnam ke Bali. Karena, semakin tahun wisatwan yang datang ke Bali semakin meningkat. Ke depan Vinh Quang juga berencana akan membuka Vietnamesse Corner di Bali sebagai alternatif karena Konsulat Jenderal Vietnam belum di buka di sini. “Moto pembangunan kami di Vietnam adalah TTI yaitu Trade, Tourism dan Industry, jadi kami ingin memperkuat kerjasama di bidang 3 elemen itu dengan Bali. Ke depan saya juga ingin mengudang anda untuk datang ke Ho Chi Min City,” tandasnya.

Sementara, Wagub Cok Ace sangat mengapresiasi rencana tersebut. Ia menyanjung Vietnam sebagai negara yang indah dan sangat kental dengan tradisi. Hal itulah menurutnya yang membuat kemiripan antara Vietnam dan Bali. “Mengenai rencana Sister City saya sangat mendukung, untuk itu silahkan bicarakan lebih lanjut rencana ini dengan pihak terkait,” jelasnya.

Mengenai rencana kerjasama pariwisata, Cok Ace mengajak pemerintah Vietnam untuk melakukan promosi pariwisata bersama. “Kita bisa bersama mempromosikan potensi wisata kita, bahkan bisa bikin paket wisata mengunjungi Bali dan Vietnam ke wisatawan mancanegara,” jelasnya. Cok Ace sangat yakin jika kombinasi itu bisa dilakukan bersama bisa lebih menggencarkan promosi wisata untuk kedua negara.

Sementara mengenai dibukanya direct flight antara Ho Chi Min City ke Bali, Cok Ace sangat mendukung, karena itu bisa menambah jumlah wisatawan yang berkunjung antar dua negara. “Saya harap wisatawan Vietnam bisa semakin banyak berkunjung ke Bali untuk ke depannya,” tandasnya.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait