Kabardewata.com

Ekonomi

Tingkatkan kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan MOU Dengan APINDO Bali

Kategori Ekonomi, November 29, 2018, Dilihat sebanyak 27 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Sejumlah strategi dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dalam upaya meningkatkan kuantitas kepesertaan. Diantaranya dengan menindaklanjuti nota kesepahaman yang disepakati bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Bali.

Asisten Deputi Wilayah Bidang Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Bali, Nusa Tenggara, dan Papua (Banuspa), Gede Putu Laxman kepada wartawan mengatakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan APINDO Bali ditandatangani November 2017. Menurutnya sinergitas keduabelah pihak telah berkontribusi terhadap peningkatan peserta dari pekerja penerima upah atau formal.

"Kami di BPJS Ketenagakerjaan memang untuk memperluas kepesertaan kita, memang kita selalu bekerjasama dengan selain pengusaha juga asosiasi pekerja juga asosiasi pengusaha Indonesia antara lain APINDO ini. Bentuk dari kerjasama kita dan ini terus kita lakukan monitoring dan evaluasi kerjasama kita ini antara lain untuk memperluas kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya disela-sela kegiatan bertajuk Kesinambungan Program Kerja untuk Memperluas Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan Mengembangkan Keanggotaan APINDO Bali, di Sanur, Kamis (29/11/2018).

Meski telah menggalang kerjasama dengan APINDO Bali, akan tetapi ia tak memungkiri sejauh ini masih ada pengusaha yang belum mendaftarkan tenaga kerjanya sebagai peserta. Menyikapi itu, pihaknya berharap peran aktif APINDO untuk mengimbau seluruh anggota.

"Selama ini sih memang ada beberapa dari pengusaha yang memang belum terdaftar ya. Memang segi persentase memang lumayan. Jadi dari beberapa perusahaan memang belum terdaftar diprogram BPJS Ketenagakerjaan. Nah melalui program inilah, melalui kerjasama dengan APINDO inilah kita berharap APINDO juga nantinya mengimbau ke anggotanya supaya seluruh anggota dari APINDO ini bisa mendaftarkan pekerjanya kedalam BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Ketua APINDO Bali, I Nengah Nurlaba pada kesempatan yang sama mengaku komit mendukung upaya mengatrol kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu langkah konkrit melalui konsolidasi anggota yang tersebar di 9 kabupaten/kota di Bali.

"Kami (APINDO Bali, red) bersama BPJS Ketenagakerjaan telah melaksanakan suatu kesepakatan bersama pada tanggal 14 November 2017 atau kurang lebih satu tahun lalu. Kesepakatan bersama itu telah kami tindaklanjuti sampai ke kabupaten dan kota," ucapnya.

"Kabupaten yang telah kami datangi yaitu Karangasem, Klungkung, Gianyar, dan Bangli. Sedangkan untuk wilayah Barat telah kami laksanakan di dua wilayah, meiputi Kota Denpasar, dan Kabupaten Jembrana. Tahun depan kami akan menindaklanjuti kabupaten yang belum, yaitu Kabupaten Tabanan, Buleleng, dan Badung," pungkas Nurlaba.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image