Ciri-Ciri Aki yang Bisa di Cas dan Yang Sudah Mati

Ciri-Ciri Aki yang Bisa di Cas dan Yang Sudah Mati

Ketika aki kendaraan mati, maka sudah pasti kendaraan tidak bisa dihidupkan. Nah sebelum Anda mengalami sendiri, kemudian menjadi jengkel dan mengeluarkan uang tidak terduda disaat yang kurang tepat. Ayo cek dulu kondisi aki kendaraannya!

Sebelum memutuskan untuk mengganti dengan aki baru, bisa dilakukan pencegahan seperti berikut ini:

  • Masih Ada Sisa Tegangan
    Pastikan bahwa aki tersebut masih memiliki tegangan sisa. Bermuatan paling tidak 10 Volt, tidak benar-benar sampai habis tidak tersisa. Karena tentu akan mempengaruhi aki yang akan kita cas tersebut, baik di toko aki online atau secara langsung.
  • Kondisi Sehat Bersih
    Aki memiliki beberapa jenis, basah dan kering salah satunya. Nah jika Anda menggunakan yang jenis basah coba pastikan jika tidak terdapat jamur. Tahukan Anda munculnya jamur pada sel aki ini diakibatkan dari hal sepele. Kita tidak mengontrol kondisi air pada aki, sehingga indikator sampai posisi low. Biasanya terdapat pada sekitar sel aki, hal ini cukup berbahaya jika kita tetap berusaha mengisi ulangnya.
  • Jangan Kosong Dalam Waktu Lama
    Jika membeli aki di toko online yang jenis basah, sebaiknya selalu kontrol, karena jika jenis basah sampai kosong terlalu lama tidak baik. Juga akan berpengaruh pada hasil isi ulangnya nanti. Ciri-ciri aki yang bisa di cas tersebut bisa kita sesuaikan dengan jenis yang digunakan masing-masing. Usahakan selalu memperhatikan kondisi ya, karena akan percuma berusaha mempertahankan aki namun hasilnya tidak memuaskan.

Berikut ini ciri-ciri aki yang sudah benar-benar mati:
Setelah mengetahui beberapa ciri khusus aki yang masih bisa kita isi ulang. Berikut ini merupakan bahasan mengenai aki yang sudah mati dan harus kita ganti.

  • Kondisi Lampu
    Pertama yang paling mudah kita perhatikan adalah kondisi pencahayaan dari lampu. Jika kondisi sudah mulai meredup dah tidak seprima biasanya. Solusinya bisa mengganti aki isi ulang di berbagai toko aki online atau secara langsung saja.
  • Bunyi Klakson
    Ciri-ciri aki yang bisa di cas tidak berpengaruh pada bunyi klakson bukan? Nah namun jika sudah mati, bunyi klakson secara otomatis akan melemah. Karena daya dari aki tidak kuat memasok untuk bunyi sehingga hasilnya pelan saja.
  • Kondisi Starter
    Sering kali kita berkendara dan langsung menyadari hal yang tidak beres ketika starter tidak berfungsi baik. Maka akan lebih baik jika sedang mengendarai sepeda motor gunakan cara ini untuk mengeceknya. Ketika mencoba menghidupkan kendaraan baik mobil atau motor. Kondisi starter akan mempengaruhi apakah aki masih berfungsi atau sudah mati. Segera ganti menuju toko aki online untuk solusi lebih praktis. Agar tidak terjadi kerusakan lebih jauh mengenai kendaraan Anda.
  • Lampu Sein
    Ciri-ciri aki yang bisa di cas juga memiliki kondisi lampu yang masih prima. Namun jika aki yang sudah mulai mati akan terlihat dari kondisi pencahayaan yang berkedip cepat. Tidak seperti biasanya dan cenderung mengganggu kala melakukan perjalanan jarak jauh. Apalagi lampu sein berfungsi cukup banyak dalam berkendara. Nah apakah kalian sudah memiliki gambaran untuk membedakan dua jenis aki ini. Untuk memutuskan apakah perlu diisi ulang atau justru menggantinya. Perbedaan dari dua kondisi ini cukup berbeda jauh dan kontras, jadi tenang saja untuk memutuskannya.
  • Cara Merawat Aki Tetap Awet
    Ciri-ciri aki yang bisa di cas dan yang sudah mati tersebut bisa Anda selesaikan dengan mencari toko aki online. Tidak perlu keluar rumah untuk berkeliling mencarinya cukup dengan smartphone saja. Selanjutnya berikut ini merupakan cara merawat aki yang tepat untuk Anda.
  • Memastikan  Kondisi Aki
    Pertama kita harus selalu mengecek kondisi aki, terlepas dari jenis apapun. Gunakan alat bernama baterai load tester untuk memastikan larutan elektrolit pada jenis aki basah. Cara ini akan memudahkan kita untuk memastikan kapan waktu tepat untuk melakukan pengisian aki, pastikan jika kondisi di garis batas larutan elektrolit tersebut. Ciri-ciri aki yang bisa di cas ini terkait dengan kondisi aki terakhir.
  • Memodifikasi
    Jika ingin melakukan sebuah modifikasi pada sistem jangan berlebihan. Karena hal ini akan membuat kondisi berubah dan tidak seimbang terkadang. Orang kadang mencoba untuk menambahkan watt lebih besar atau kecil pada kendaraan. Tentu hal seperti ini menyalahi aturan dan membuat daya aki semakin lebih boros. Maka dari itu gunakan semua komponen yang sesuai dengan aturan awalnya. Agar aki tetap awet dan tidak boros tentu saja. Ciri-ciri aki yang bisa di cas yang sudah kita bahas tersebut semoga bisa jadi referensi sebelum menggantinya. Pastikan jika membeli di toko aki online atau offstore terpercaya. Untuk kondisi aki yang tetap prima seperti sebelumnya.
Arimpranata
Author : Arimpranata

Mempunyai passion dalam bidang investigasi, IT dan menulis. Gus Arim mencoba memberikan warna baru dalam informasi di Kabardewata.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait